10+ Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

oleh
10+ Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Jenis tanaman yang satu ini seringkali kita temukan dalam bumbu masakan, terutama digunakan untuk campuran masakan syur asam, masakan ikan kuah dan lain-lain. Tapi ternyata, selain digunakan untuk campuran menu masakan berkuah, ada banyak manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang jarang di ketahui orang.

Buah ini dikenal dengan cita rasanya yang cukup asam, itulah mengapa buah ini kurang begitu populer untuk di konsumsi secara langsung dan lebih banyak di gunakan sebagai campuran bahan masakan berkuah.

Namun, siapa sangka dibalik rasanya yang asam buah belimbing wuluh ini mengandung banyak zat yang cukup bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan juga organ reproduksi.

Nah, dalam kesempatan kali ini akan dibahas tuntas mengenai jenis tanaman yang satu ini, mulai dari asal muasal, kandungan zat, serta beragam manfaat dari buah belimbing wuluh.

Asal Muasal Belimbing Wuluh

Jenis tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang masih satu kerabat dengan tanaman buah belimbing (starfruit) manis yang sering kita konsumsi sehari-hari.

Memiliki nama latin Averrhoa bilimbi, belimbing wuluh termasuk ke dalam genus Averrhoa dan famili Oxalidaceae. Secara Internasional, belimbing wuluh dikenal dengan nama bilimbi, dimana penyebaran tanaman ini banyak terdapat di wilayah Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Selain nama belimbing wuluh, tanaman ini jga memiliki banyak macam sebutan misalnya kamias, belimbing asam, blimbin, birambi, bilincha, mimbro, tirigur, vinagrillo, cucumber tree, dan beberapa sebutan lainnya.

Kandungan gizi

Meskipun rasanya sangat asam dan tak layak untuk di konsumsi langsung karena rasanya, namun jika diolah dan dicampur dalam menu masakan, belimbing wuluh akan memberikan sensasi kenikmatan pada makanan karena rasanya yang asam.

Selain itu, belimbing wuluh juga banyak mengandung zat-zat yang baik untuk kesehatan.

Dari hasil penelitian disebutkan bahwa, belimbing wuluh banyak mengandung protein, serat, vitamin (vitamin A, vitamin C, dan vitamin B kompleks), dan mineral.

Beberapa kandungan mineral yang terdapat pada belimbing wuluh antara lain fosfor, kalsium, dan zat besi. Selain itu, belimbing wuluh juga banyak mengandung antioksidan serta kandungan zat yang bersifat astringen.

Baca Juga :  Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat Diabetes

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Di balik rasanya yang asam, belimbing wuluh ternayata memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan dan dipercaya dapat digunakan untuk pengobatan jenis penyakit tertentu.

Berikut ini lebih dari sepuluh manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang sebaiknya Anda tahu:

  • Mampu Meredakan batuk dan pilek

Batuk dan pilek merupakan kondisi kesehatan yang meski tidak masuk dalam golongan pernyakit berbahaya tapi cukup mengganggu dan menyiksa.

Untuk mengatasinya, selain rutin mengonsumsi obat dari dokter anda juga bisa mencoba menggunakan pengobatan alami dengan menggunakan buah belimbing wuluh ini.

Caranya cukup dengan rutin mengonsumsi buah belimbing wuluh yang sudah direbus lebih dahulu, lalu minum juga air rebusannya.

Lakukan secara rutin, maka batuk dan pilek akan segera lenyap dalam waktu singkat.

  • Meredakan demam dan flu

Selain batuk dan pilek, demam dan flu juga termasuk salah satu jenis masalah kesehatan yang cukup mengganggu. Faktor cuaca yang tidak mendukung merupakan salah satu penyebabnya.

Jika, salah satu dari pembaca sekalian saat ini sedang menderita demam atau flu, maka bisa mencoba pengobatan alternatif menggunakan bahan herbal alami belimbing wuluhh ini.

Kandungan vitamin C yang cukup banyak pada buah belimbing wuluh dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga demam dan flu lebih cepat sembuh.

Caranya, ambil beberapa buah belimbing wuluh yang sudah matang lalu rebuslah buah belimbing wuluh tersebut serta minum air rebusannya.

Lakukan setiap hari secara rutin, maka keluhan demam dan flu yang diderita akan segera sembuh.

  • Mengatasi alergi

Seseorang yang memiliki alergi terhadap suatu makanan, obat tertentu, udara atau debu tentu akan merasa sangat tersiksa jika tengah menderita alergi terhadap pemicunya tersebut.

Nah, untuk meredakan reaksi alergi tersebut bisa menggunakan buah belimbing wuluh ini. Caranya dengan secara rutin mengonsumsi jus buah belimbing wuluh atau mengonsumsi belimbing wulu rebus beserta dengan air rebusannya.

  • Mengobati penyakit gondongan

Gondongan atau terjadinya pembengkakan pada bagian leher, bisa diobati secara alamu dengen manggunakan tanaman belimbing wuluh ini.

Kandungan zat yang terdapat pada batang dan daun belimbing wuluh diketahui mampu melawan virus penyebab penyakin gondok.

Caranya, cari dan pilih tanaman belimbing wuluh yang masih muda lalu cuci berish. Selanjutnya haluskan daun dan batangnya bersama bawang putih sampai menjadi pasta, lalu balurkan pada area leher yang terkena gonok.

Baca Juga :  Tanaman Herbal Ini Memiliki Khasiat Yang Luar Biasa

Lakukan cara ini secara rutin, dan niscaya bisa mengobati penyakit gondongan dan meredakan pembengkakan yang diderita.

  • Mengontrol kadar gula darah (diabetes)

Penyakit diabetes meruakan salah sat jenis penyakit yang cukup banyak diderita oleh mereka yang sudah berusia paruh baya. Meski remaja dan anak-anak juga bisa saja menderita penyakit yang cukup berbahaya ini.

Nah, untuk mengatasi penyakit ini ternyata bisa menggunakan belimbing wuluh. kandungan yang terdapat pada buah belimbing wuluh diketahui dapat mengontrol kadar gula darah, serta menurunkan kadar gula darah.

Cukup dengan rutin mengonsusi jus buah belimbing wuluh secara teratur, setiap hari. Atau bisa juga dengan mengonsumsi  belimbing wuluh yang sudah direbus.

  • Mengatasi tekanan darah tinggi

Manfaat belimbing wuluh berikutnya adalah berguna sebagai bahan untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi yang dialami oleh penderita.

Jika anda atau siapapun yang diketahui memiliki tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg setelah dilakukan cek tekanan darah, maka belimbing wuluh ini bisa menjadi alternatif untuk menurunkan tekanan darah tersebut.

Caranya juga cukup mudah, silahkan rebus beberapa buah belimbing wuluh lalu konsumsi buah belimbing wuluh yang sudah direbus tersebut dan minum sisa air rebusannya.

Konsumsi secara rutin setiap pagi hari, selama beberapa waktu hingga tekanan darah normal kembali.

  • Mengobati wasir

Wasir atau ambeyen merupakan salah satu kondisi medis yang membuat seseorang menjadi tidak nyaman, terutama ketika duduk atau buang air besar.

Penderita yang diketahui mengalami sakit wasir ini dapat melakukan pengobatan secara alami dengan memanfaatkan buah belimbing wuluh.

Cukup dengan rutin mengonsumsi belumbing wuluh yang sudah direbus dan minum air rebusannya setiap hari.

  • Menurunkan berat badan

Persoalan berat badan yang semakin naik, jadi masalah tersendiri terutama bagi kaum hawa. Selain, tidak bagus untuk kesehatan berat badan berlebih juga mngurangi rasa percaya diri.

Selain berolah raga secara teratur, menerapkan pola hidup sehat dan program diet yang tepat, untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan juga bisa mengkombinasikannya dengan rutin mengonsumsi jus buah belimbing wuluh.

Di dalam buah belimbing wuluh, terdapat kandungan zat antihiperlipidemik, dimana zat ini diketahui bisa mencegah peningkatan berat badan tanpa efek samping.

  • Meredakan nyeri

Mengalami rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu, jangan terburu-buru mengonsumsi obat pereda nyeri. Coba gunakan belimbing wuluh lebih dahulu untuk mengetasi dan meredakan rasa nyeri tersebut.

Baca Juga :  Bahan Alami Untuk Mengatasi Penyakit Impetigo Pada Anak

Caranya, cukup dengan menghaluskan beberapa helai daun daun belimbing wuluh yang masih muda lalu haluskan bersama sedikit air hingga menjadi pasta.

Selanjutnya, tinggal oleskan pasta yang terbuat dari daun belimig wuluh tersebut pada bagian yang nyeri. Lakukan secara rutin cara ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari, maka rasa nyeri akan hilag dengan sendirinya.

Ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada tanaman belimbing wuluh bersifat antiinflamasi dan analgesik.

  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Seiring bertambahnya usia seseorang, biasanya muncul masalah kesehatan yang terkait dengan kesehatan tulang dan gigi.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh mulai berkurangnya asupan dan cadangan kalsium yang diperlukan bagi tulang dan gigi dalam tubuh.

Dalam beimbing wuluh, diketahui banyak mengandung kalsium dan fosfor yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi sebagai suplemen kalsium alami.

  • Obat jerawat alami

Untuk Anda yang memiliki masalah jerawat, mungkin bisa menggunakan buah ini untuk mengatasi permasalahan kulit wajah tersebut.

Kandungan asam oksalat yang terdapat dalam buah belimbing wuluh dipercaya bisa mengurangi jerawat di wajah Anda.

Caranya, ambil beberapa buah belimbing wuluh, cuci bersih lalu haluskanlah dengan cara diblender. Selanjutnya gunakan sebagai masker pada wajah dan biarkan beberapa saat, kemudian akhiri dengan mencuci bersih wajah anda.

Untuk hasil yang maksimal, Anda juga bisa dengan rutin mengonsumsi jus buah belimbing wuluh, atau mengonsumsi buah yang sudah direbus.

Selain berguna untuk mengurangi jerawat yang adadi wajah, rutin maskeran dengan belimbing wuluh juga bisa mencerahkan wajah dan memperlambat tanda-tanda penuaan dini.

  • Mengobati penyakit menular seksual

Terakhir, salah satu manfaat dari tanaman ini adalah bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi penyakit menular seksual. serta beberapa jenis penyakit yang berkaitan dengan organ kelamin.

Cara menggunakan belimbing wuluh ini untuk pengobatan penyakit menular seksual juga sangat mudah. Cukup dengan mengeringkan beberapa buah belimbing wuluh dan daunnya di bawah sinar matahari selama beberapa hari hingga benar-benar kering.

Setelah belimbing wuluh kering dan terasa keras, selanjutnya rebus belimbing wuluh kering tersebut dengan daunya dengan 2 gelas air, dan tersisa 1 gelas.

Minum air rebusan buah dan daun belimbing wuluh kering tersebut dua kali sehari hingga sakit yang diderita benar-benar sembuh.

Demikianlah informasi lengkap mengenai tanaman belimbing wuluh serta beragam manfaatnya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *