Keputihan Setiap Hari Apakah Normal? Ini Penjelasannya

oleh
Keputihan Setiap Hari Apakah Normal? Ini Penjelasannya

Banyak para wanita dewasa maupun yang baru mulai beranjak dewasa sering mengeluhkan jika mereka mengalami keputihan setiap hari.

Dengan kondisi seperti itu, apakah hal tersebut wajar ataukah ada tanda-tanda jika seseorang tersebut memiliki kelainan kesehatan pada alat reproduksinya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini akan redaksi ulas secara lengkap apakah keputihan yang terjadi setiap hari tersebut masuk kategori normal atau merupakan hal yang wajar saja.

Baca Juga :  5 Tanaman Herbal Yang Ampuh Untuk Mengatasi Keputihan

Seperti kita ketahui, keputihan sendiri adalah suatu kondisi dimana keluar cairan dari organ intim kewanitaan, dimana keputihan itu sendiri bisa dibedakan menjadi 2 macam.

  • Keputihan normal/fisiologis

Keputihan yang dialami yang masuk kategori ini adalah keputihan yang normal yang terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi.

  • Keputihan tidak normal/patologis

Sementara untuk kondisi keputihan patologis atau keputihan yang tidak adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab kemungkinan adanya penyakit tertentu atau karena akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Keputihan Setiap Hari Apakah Normal?

Kembali ke pertanyaan awal, jika keputihan yang alami tersebut setiap hari? ini masuk jenis keputihan yang mana? yang fisiologis atau patologis?

Untuk mengetahuinya, harus di lihat juga dari jenis cairan keputihan yang keluar. Jika cairan keputihan tersebut memiliki ciri-ciri antara lain:

  1. warnanya putih jernih
  2. bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang
  3. konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon
  4. tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Maka meski keputihan tersebut dialami setiap hari ini masuk dalam kondisi keputihan yang normal. Karena, organ intim wanita yang sehat menyekresikan cairan untuk membersihkan dan mengatur keseimbangan di saluran dan organ reproduksi.

Baca Juga :  Darah Haid Keluar Sedikit, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sepintas, cairan keputihan yang normal ini fungsinya mirip air liur yang bertugas membersihkan dan mengatur keasaman mulut.

Jika para wanita mengalami atau menyadari bahwa ketika bangun terbangun di pagi hari, mengganti celana dalam, dan menemukan setitik cairan putih yang sudah mulai mengering namun dengan ciri-ciri diatas ini adalah hal yang wajar.

Akan tetapi beda halnya jika keputihan setiap hari yang dialami dibarengi beberapa ciri-c siriebagai berikut:

  1. Terjadi perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan),
  2. Cairan berbau,
  3. keluar dalam jumlah yang banyak
  4. Disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll)

Hal tersebut menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan yang tidak normal yang disebabkan karena kemungkinan adanya infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Jadi, untuk menentukan apakah keputihan yang dialami setiap hari tersebut normal atau tidak harus disertakan pula kondisi dari cairan itu sendiri.

Baca Juga :  Beberapa Obat Keputihan Alami yang Sebaiknya Anda Tahu

Namun demikian, untuk lebih memastikan para wanita yang tengah mengalami kondisi seperti ini dianjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Hal ini guna memastikan, apakah benar keputihan setiap hari yang dialami tersebut adalah kondisi yang wajar atau butuh penanganan.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *