Beberapa Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

oleh
Beberapa Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Tanaman jahe merah memang dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Paling sering dan banyak diketahui orang, manfaat jahe merah adalah untuk dibuat sebagai bahan utama minuman tradisional wedang jahe yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh.

Padahal, khasiat dari jahe merah bukan cuma untuk itu saja. Jika ditelusuri lebih jauh, manfaat jahe untuk kesehatan ada cukup banyak, termasuk salah satunya sebagai bahan alami untuk mengobati sakit reumatik.

Sehubungan dengan hal tersebut, kali ini redaksi aramedika.com akan membahas mengenai sejumlah manfaat dari tanaman jahe merah yang tidak banyak diketahui oleh orang banyak.

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Selain sebagai bahan utama untuk pembuatan minuman tradisional, ternyata tanaman jahe merah juga memiliki khasiat yang cukup baik untuk kesehatan bagi yang mengkonsumsinya.

Pasalnya dalam tanaman jahe merah terkandung gingerol, limonene, aspartic, caprylic acid, capsaicin, chlorogenic acid, dan farnesol. Dimana semua kandungan zat tersebut ternyata cukup baik untuk kesehatan.

Baca Juga :  Obat Diabetes Alami, Coba Gunakan 7 Tanaman Herbal Ini

Berikut ini sejumlah manfaat jahe merah untuk kesehatan yang tak banyak orang tahu:

1. Obat Untuk Penyakit Rematik

Khasiat dari jahe merah yang pertama adalah dikenal sebagai salah satu obat herbal yang sangat baik digunakan untuk mengobati sakit rematik.

Karena seperti kita tahu, dalam jahe merah banyak terkandung zat minyak asiri yang memiliki efek farmakologis antirematik.

2. Mengobati Batuk Kering yang Sudah Menahun

Selanjutnya, manfaat dari mengkonumsi jahe merah adalah berguna untuk mengobati sakit batut kering yang sudah menahun dan tak kunjung sembuh.

Masih seputar kandungan minyak asiri yang terdapat pada jahe marah, ini dipercaya dapat mengobati sakit batuk hanya dengan rutin mengunyah jahe merah mentah yang sudah dicuci bersih dalam ukuran kecil, kemudian lakukan secara rutin tiga kali sehari

3. Meningkatkan Imunitas

Mengkonsumsi jahe merah secara rutin juga dipercaya dapat meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga :  Mengatasi Batuk Pada Anak Dengan Bahan Herbal Alami

Dengan dibuat sebagai bahan campuran minuman, kemudian di konsumsi secara rutin setiap hari maka sistem kekebaln tubuh yang mengkonsumsinya akan semakin meningkat.

4. Obat Sakit Pinggang

Sama halnya dengan manfaat pada poin pertama, yakni sebagai obat rematik, manfaat jahe marah untuk ksehatan selanjutnya juga di percaya sangat ampuh untuk mengatasi masalah sakit pinggang.

Terutama untuk mereka yang duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak nyaman, kerap kali mengeluhkan bagian pinggangnya yang sakit. Dengan bahan jahe merah ini, berfungsi untuk meredakan rasa sakit tersebut.

5. Mengobati Jerawat

Permasalahan kulit wajah yang satu ini memang sudah jadi masalah klasik yang dihadapi oleh banyak orang, terutama dikalangan kaum hawa.

Dengan memanfaatkan bahan herbal jahe merah ini, maka masalah jerawat bisa teratasi. Selain bahannya mudah didapat, jahe merah juga cukup murah untuk mengatasi masalah jerawat ini.

6. Menurunkan Kolesterol

Dalam sebuah penelitian kesehatan yang diterbitkan dalam jurnal US National Library of Medicine National Institutes of Health, dijelaskan jika dengan rutin mengonsumsi jahe merah dapat menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan dan juga menurunkan kolesterol LDL (lemak jahat), trigliserida, sekaligus akan meningkatkan jumlah HLD (lemak baik).

Baca Juga :  Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

7. Meredakan Nyeri Saat Haid

Sudah jadi hal yang umum ketika wanita dewasa sedang mengalami haid atau menstruasi biasanya akan disertai dengan rasa nyeri yang terkadang cukup menyiksa.

Dengan bahan alami jahe marah ini, ternyata ini bisa berguna untuk meredakan rasa nyeri saat haid tersebut dengan cara minum air rebusan jahe merah ini, secara rutin setiap hari selama masa haid.

Demikian informasi mengenai beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan yang tak banyak diketahui oleh orang banyak.

Semoga dengan adanya artikel yang sudah redaksi sajikan ini, bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda seputar dunia kesehatan terutama informasi terkait bahan-bahan herbal alami yang berguna untuk kesehatan.