Begini Cara Menggemukkan Badan Secara Alami

oleh
Begini Cara Menggemukkan Badan Secara Alami

Jika Anda saat ini memiliki masalah dengan berat badan yang terlalu kurus dan ingin memiliki berat badan yang ideal dan lebih berisi, redaksi punya tips jitu bagaimana cara menggemukkan badan secara alami yang bisa Anda coba.

Karena seperti kita tahu, masalah badan yang terlalu kurus kadang dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Bukan itu saja, kondisi berat badan yang terlalu kurus juga dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti anemia, tulang rapuh, daya tahan tubuh lemah, hingga masalah kesuburan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini redaksi sudah merangkum dari berbagai sumber mengenai beberapa tips yang bisa Anda coba ketika ingin menggemukan badan secara alami tanpa obat-obatan.

Cara Menggemukkan Badan Secara Alami

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika ingin menaikkan berat badan secara alami. Bukan hanya sekedar menambah jumlah porsi makan saja, namun ada beberapa tips lain yang sebaiknya Anda juga lakukan.

Baca Juga :  ✓ 10 Bahan Alami Untuk Obat Alergi Kulit dan Gatal-Gatal

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan ketika Anda ingin menggemukan badan secara alami.

1. Lebih Sering Makan

Perlu Anda ketahui, jika ingin menaikkan berat badan sangat dianjurkan untuk lebih sering makan walau dalam porsi sedikit dari pada harus makan banyak tapi cuma sekali.

Dengan makan lebih sering, ini akan berguna untuk menambah asupan kalori dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh guna meningkatkan berat badan menjadi ideal.

Jika normalnya, seseorang makan tiga kali sehari, jika ingin menaikkan berat badan bisa menambah frekuensi makan hingga 5 sampai 6 kali dalam sehari, namun dalam porsi atau jumlah yang lebih sedikit.

2. Pilih Menu yang Tepat

Selain menaikkan frekuensi makan yang lebih sering, untuk menggemukan badan secara alami Anda juga harus memperhatikan jenis menu makanan yang dikonsumsi agar hasilnya maksimal.

Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang kaya akan protein, lemak, karbohidrat kompleks, serta beragam vitamin dan mineral.

Untuk protein dan lemak bisa didapat dengan mengonsumsi makanan berupa daging, ikan, kacang-kacangan, telur, serta tahu dan tempe.

Baca Juga :  Cara Menyembuhkan Mata Bengkak Dalam 10 Menit

Sementara untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral, sebaiknya makan roti gandum, gandum utuh atau sereal gandum, nasi merah, serta aneka buah dan sayuran.

Selain beberapa jenis makanan diatas, dianjurkan juga untuk mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung lemak baik, yang mengandung omega-3 dan omega-6.

Ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi jenis makanan seperti ikan, alpukat, telur, dan kacang-kacangan.

3. Perbanyak Minum Susu

Cara menggemukan badan secara alami berikutnya yang dianjurkan oleh dokter dan ahli gizi adalah dengan memperbanyak minum susu.

Anda dapat memilih untuk mengkonsumsi minuman susu sapi murni atau bisa juga minuman susu khusus penggemuk badan yang banyak beredar dipasaran, kira-kira 1 atau 2 gelas per hari secara rutin.

Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi produk olahan dari susu seperti keju dan yoghurt.

4. Rutin Berolah Raga

Latihan fisik atau olah raga, merupakan salah satu cara alami yang bisa Anda lakukan ketika ingin menaikkan berat badan.

Perlu Anda ketahui, dengan rutin berolah raga terutama jenis olah raga latihan kekuatan, ini akan memicu atau meningkatkan nafsu makan, sehingga asupan kalori dan nutrisi Anda bisa lebih tercukupi dan berdampak pada kenaikan berat badan.

Baca Juga :  Penyebab Rambut Rusak yang Perlu Anda Ketahui

5. Beberapa Tips Lainnya

Selain menerapkan tips diatas, ketika Anda ingin menaikan berat badan menjadi lebih ideal sangat diajurkan juga untuk menerapkan pola hidup sehat dengan menerapkan beberapa tips berikut ini:

  • Tidak merokok
  • Tidak mengkonsumsi alkohol
  • Beristirahat yang cukup
  • Mengurangi aktifitas bergadang
  • Mengelola stress dnegan baik

Perlu Anda ketahui juga, sama halnya dengan menurunkan berat badan yang prosesnya memakan waktu lama ketika ingin menaikkan berat badan juga prosesnya tidak bisa instan.

Karena itu, Anda harus tetap semangat dan pantang menyerah agar dapat menaikan berat badan menjadi ideal. Untuk hasil terbaik, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi guna mendapatkan saran terbaik agar proses menggemukan badan Anda jadi makin maksimal.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa cara menggemukan badan secara alami yang bisa Anda praktekkan. Semoga informasi yang redaksi berikan ini bermanfaat untuk Anda.