Beberapa Jenis Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

oleh
Beberapa Jenis Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Bagi penderita penyakit Asam Lambung, jenis makanan yang di konsumsi memiliki peranan yang cukup penting untuk menjaga agar penyakit ini tidak mudah kambuh. Pasalnya, jenis makanan untuk penderita asam lambung berbeda dengan jenis makanan untuk orang kebanyakan.

Karena, jika makanan yang dikonsumsi tersebut tidak diperhatikan maka hal tersebut dapat memicu naiknya asam lambung hingga menuju kerongkongan.

Beberapa jenis makanan misalnya buah-buahan dengan cita rasa yang masam, makanan dengan kandungan tinggi lemak, makanan  dengan rasa yang pedas dan juga coklat adalah beberapa contoh makanan yang sebaiknya di hindari oleh penderita penyakit ini karena dapat memicu naiknya asam lambung.

Namun demikian, ada beberapa jenis makanan untuk penderita asam lambung yang disarankan untuk di konsumsi karena di ketahui dapat meredakan penyakit ini agar tak mudah kambuh.

Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat yang aman dikonsumsi oleh pengidap asam lambung, karena selain menyehatkan ini juga bisa mengurangi gejala yang ditimbulkan.

Baca Juga :  Menu Sehat dan Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Jenis makanan tersebut antara lain:

  • Oatmeal

Penderita penyakit asam lambung, disarankan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang kaya akan serat, oatmeal salah satunya.

Oatmeal sendiri, merupakan jenis makanan yang umumnya di konsumsi  oleh orang-orang yang sedang menjalankan program  diet untuk menurunkan berat badan karena akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Sementara jika di konsumsi oleh mereka yang menderita asam lambung, oatmeal diketahui  dapat mengatasi gejala penyakit ini dengan menyerap asam lambung tersebut, sehingga gejalanya dapat mereda dan tak mudah kambuh.

  • Buah Pisang

Sudah bukan rahasia lagi jika buah yang satu ini kaya akan manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk penderita asam lambung.

Jenis buah ini merupakan salah satu jenis buah yang cocok untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Dalam buah pisang banyak terdapat kandungan pH yang cukup tinggi sekitar 5,6, dimana ini merupakan zat yang baik untuk menetralisir asam lambung.

Beberapa jenis buah-buahan lainnya yang dapat dikonsumsi selain buah pisang, yaitu buah pir, apel, dan melon.

  • Rampah Jahe

Tanaman herbal yang satu ini di kenal memiliki khasiat yang cukup baik untuk kesehatan. Selain rasanya yang khas dan sensasi hangat ketika di buat untuk minuman, jahe juga mengurangi risiko timbulnya gejala asam lambung.

Baca Juga :  Ragam Sayuran Untuk Bantu Turunkan Kolesterol

Hal ini diperkuat dengan penelitian yang di tulis dalam laman Healthline, yang menyebutkan jika tanaman yang berasal dari negera India ini memiliki kandungan antiinflamasi untuk mengatasi permasalahan pencernaan.

Selain itu, jahe juga dapat digunakan sebagai menjadi bahan alami untuk mengatasi penyakit asam lambung atau maag.

  • Tanaman Lidah Buaya

Kita mungkin hanya mengenal tanaman ini identik untuk perawatan kecantikan saja. Tapi tahukah anda , bahwa lidah buaya juga memiliki khasiat untuk meredakan gejala asam lambung.

Mengonsumsi secara rutin tanaman dengan nama latin Aloe Vera ini dengan cara di jadikan minuman atau jus bisa menjadi alternatif bahan alami untuk mengatasi asam lambung yang diderita.

  • Sayuran Hijau

Aneka jenis sayuran hijau seperti kembang kol, brokoli, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus diktehaui memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, dimana kandungan tersebut di ketahui mampu menurunkan asam lambung.

Mengonsumsi jenis sayuran hijau ini disertai dengan makan buah yang disarankan merupakan paduan yang efektif guna menurunkan asal lambung yang diderita.

  • Roti Gandum
Baca Juga :  Makanan Berikut Ini, Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah studi kesehatan yang dilakukan Cleveland Clinic menyatakan, bahwa pengidap asam lambung masih diperbolehkan untuk mengonsumsi roti.

Kendati demikian, jenis roti yang disarankan adalah roti yang terbuat dari gandum yang kaya akan serta atau yang banyak mengandung beragam biji-bijian di dalamnya.

  • Daging Tanpa Lemak / Ikan

Daging dengan kandungan lemak yang tinggi, merupakan faktor utama yang memicu naiknya asam lambung. Karena itu, jika ingin mengonsumsi daging, maka disarankan untuk memilih jenis daging tanpa lemak yang dimasak dengan cara dipanggang, direbus, dikukus, atau dibakar

Atau penderita bisa menggantinya denga mengkonsumsi ikan sebagai pengganti daging tersebut.

Demikian informasi mengenai jenis makanan untuk penderita asam lambung yang sebaiknya di konsumsi untuk merekan gejala penyakit tersebut.

Namun demikian, ini bukanlah merupakn satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk meredakan asam lambung. Penderita juga di sarankan untuk mengubah dan menerapan pola hidup menjadi lebih sehat dengan menghindari semua kebiasaan-kebiasaan yang memicu asam lambung.

Misalnya, merokok, makan-makanan dengan porsi yang banyak sekaligus, tiduran setelah makan, atau minum-minuman beralkohol. Sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut agar asam lambung tidak kambuh lagi.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *