Ciri-Ciri Penyakit Ambeien yang Perlu Anda Tahu

Ciri-Ciri Penyakit Ambeien yang Perlu Anda Tahu
Ciri-Ciri Penyakit Ambeien yang Perlu Anda Tahu

Ambeien, juga dikenal sebagai wasir, merupakan kondisi yang umum terjadi pada saluran pembuangan manusia. Meski jenis penyakit ini cukup familiar, namun masih banyak orang yang belum tahu mengenai ciri-ciri penyakit Ambeien tersebut.

Sebagaimana kita tahu, meskipun jenis penyakit ini tidak berbahaya, namun jika mengalami sakit ambeien dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan pada kehidupan sehari-hari.

Bacaan Lainnya

Ambeien terjadi ketika pembuluh darah di sekitar anus atau rektum membengkak dan meradang, sehingga membuat penderita menjadi tidak nyaman.

Perlu diketahui, ada dua jenis ambeien yang umum, yaitu ambeien internal dan ambeien eksternal yang bisa terjadi pada siapa saja.

Ambeien internal terletak di dalam rektum dan sering tidak terlihat atau dirasakan, kecuali jika sudah membesar.

Ambeien eksternal terletak di bawah kulit di sekitar anus dan dapat terlihat serta dirasakan sebagai benjolan kecil yang lembut.

Baca Juga :  Leukopenia (Leukosit Rendah), Penyebab dan Gejalanya

Ciri-Ciri Penyakit Ambeien yang Perlu Anda Tahu

Setelah membeca sekilas tentang sakit Ambeien, selanjutnya  pada artikel ini, kami akan mengulas ciri-ciri penyakit ambeien secara detail, untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda

Seperti yang sudah redaksi rangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa ciri-ciri penyakit ambeien yang perlu Anda ketahui:

1. Terjadi Perdarahan Saat BAB

Salah satu ciri yang paling umum, ketika seseorang mengalami sakit ambeien adalah adanya perdarahan saat penderita buang air besar.

Biasanya, darah ini akan muncul sebagai tetesan terang pada kertas toilet atau mengotori tinja.

2. Muncul Benjolan di Sekitar Anus

Jika Anda merasakan benjolan di sekitar anus setelah buang air besar, kemungkinan besar itu adalah tanda adanya ambeien.

Benjolan ini bisa terasa lembut atau keras, tergantung pada jenis ambeien yang Anda alami.

3. Rasa gatal atau terbakar

Orang yang mengalami ambeien sering mengalami rasa gatal atau terbakar di sekitar anus. Hal ini disebabkan oleh iritasi yang disebabkan oleh cairan yang dilepaskan oleh ambeien.

Baca Juga :  Penyebab Asam Lambung yang Perlu Anda Ketahui

4. Sensasi tidak nyaman

Ambeien bisa menyebabkan sensasi tidak nyaman atau seperti adanya tekanan pada area rektum. Rasa tidak nyaman ini dapat semakin parah saat duduk atau bergerak.

5. Kesulitan buang air besar

Ambeien yang membesar dapat menyebabkan kesulitan dalam proses buang air besar. Anda mungkin merasa bahwa Anda belum selesai, atau Anda mungkin perlu mengejan lebih keras dari biasanya.

6. Keluarnya lendir

Beberapa orang dengan ambeien melaporkan keluarnya lendir dari anus. Hal ini dapat menyebabkan kelembaban yang berlebihan dan iritasi pada kulit di sekitar anus.

7. Rasa tidak puas setelah buang air besar

Meskipun Anda baru saja buang air besar, Anda mungkin merasa seperti masih ada sesuatu yang tersisa. Ini adalah salah satu tanda ambeien yang umum.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang sudah redaksi berikan diatas, dapat diketahui bahwa ketika mengalami sakit ambeien akan mengalami ciri-ciri atau gejala seperti yang sudah dijelaskan.

Baca Juga :  Penyakit Impetigo Pada Bayi, Penyebab Kulit Bayi Melepuh

Namun demikian, penting untuk diingat bahwa gejala-gejala atau ciri yang sudah dujelaskan diatas juga dapat terkait dengan kondisi lain seperti fisura ani atau infeksi saluran pencernaan.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala-gejala atau ciri-ciri seperti yang sudha diseburkan diatas, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis yang akurat sehingga bisa diketahui apakah itu sakit ambeien, atau karena hal lain.

Tips dari kami, untuk mencegah ambeien, sangat penting untuk menjaga pola hidup sehat seperti makan makanan tinggi serat, minum banyak air, dan menghindari duduk terlalu lama di toilet atau mengejan terlalu keras saat buang air besar.

Demikian informasi dari redaksi mengenai ciri-ciri penyakit ambeien yang sabaiknya Anda ketahui sejak dini.

Semoga informasi yang redaksi sampaikan pada artikel kali ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Pos terkait