Penyebab Munculnya Benjolan di Dalam Telinga Seperti Jerawat

Penyebab Munculnya Benjolan di Dalam Telinga Seperti Jerawat
Penyebab Munculnya Benjolan di Dalam Telinga Seperti Jerawat

Munculnya benjolan di dalam telinga seperti jerawat, membuat mereka yang mengalami kondisi seperti ini menjadi bertanya-tanya, kira-kira apa yang menjadi penyebabnya.

Pasalnya, banyak yang merasa khawatir jika benjolan yang muncul ini tidak hanya sekedar benjolan biasa tau jerawat, tapi dikhawatirkan ini menjadi gejala dari penyakit lain yang lebih serius.

Bacaan Lainnya

Jika Anda saat ini sedang mengalami kondisi seperti ini, berikut sudah kami siapkan informais khusus yang akan membahas mengenai penyebab benjolan di dalam telinga seperti jerawat yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Diharap, setelah Anda membaca artikel ini Anda bisa langsung melakukan pengecekan secara lebih detail terkait benjolan tersebut ke dokter agar bisa dipastikan.

Baca Juga :  Penyebab Dan Gejala Saraf Kejepit yang Perlu Anda Tahu

Penyebab Benjolan di Dalam Telinga Seperti Jerawat

Ketika mengalami kondisi kesehatan seperti ini, hal itu bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal yang berkaitan dengan gangguan medis yang lebih serius.

Namun demikian, sekali lagi dibutuhkan pemeriksaan lanjutan dari dokter guna memastikan apa yang menjadi penyebab, apakah hanya sekedar benjolan biasa ataukah benjolan yang harus dikhawatirkan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa bisa muncul benjolan didalam telinga seperti layaknya jerawat.

1. Bisul

Salah satu penyebab yang umum dan paling banyak terjadi, benjolan yang muncul tersbeut adalah bisul. Munculnya bisul ini, disebabkan oleh bakteri akibat infeksi telinga bagian tengah.

Umumnya bisul terjadi di area bokong atau ketiak, namun terkadang bisul juga bis amuncul ditempat-tempat yang tidak terduga, misalnya didalam telinga seperti pada kasus ini.

Salah satu cirinya adalah, ketika benjolan tersebut disentuh akan menimbulkan rasa yang sangat nyeri walaupun benjolannya hanya berukuran cukup kecil.

Baca Juga :  Benjolan di Belakang Telinga Tanda Penyakit Berbahaya

2. Jerawat

Benjolan yang muncul dalam telinga, bisa jadi memang itu adalah jerawat biasa saja. Karena memang, ketika jerawta muncul, itu bisa terjadi di bagian kulit manapun.

Jerawat bisa terjadi karena folikel rambut di kulit tersumbat karena sel kulit mati atau produksi minyak pada kulit yang berlebih, sehingga akan menimbulkan jerawat.

3. Mastoiditis

Selain penyebab umum yang sudah redaksi sebutkan diatas, ada penyebab lain yang cukup serius yakni Mastoiditis, atau adanya infeksi di sekitar tulang belakang telinga.

Infeksi ini ditandai dengan munculnya benjolan yang akan berisi nanah, sehingga membuat pendetita mengalami demam tinggi, keluarnya cairan dari telinga, dan menyebabkan pendengaran penderita menjadi terganggu.

4. Kista Sebaceous

Penyebab yang lebih serius lainnnya munculnya benjolan di dalam telinga seperti jerawat itu dikarenakan Kista Sebaceous.

Kista sebaceous sendiri adalah sebuah kondisi kesehatan dimana muncu benjolan non-kanker yang muncul di bawah kulit, tepatnya di kelenjar minyak.

Umumnya, ini terjadi pada area leher dan disekitar dada. Namun dalam beberapa kasus terkadang hal ini bisa juga muncul pada area di sekitar telinga dan juga bagian dalamnya.

Baca Juga :  Penyebab Asam Lambung yang Perlu Anda Ketahui

5. Lipoma

Untuk penyebab terakhir, munculnya benjolan di dalam telinga seperti jerawat itu bisa jadi disebabkan oleh kondisi kesehatan yang dikenal dengan istilah Lipoma.

Lipoma adalah munculnya benjolan lemak yang berkembang di antara lapisan kulit dan dapat terjadi pada area mana saja, termasuk didalam telinga seseorang.

Apa yang Harus dilakukan

Setelah Anda mengetahui apa saja yang jadi penyebab munculnya benjolan didalam telinga seperti yang sudah kami ulas diatas, maka untuk memastikan apa yang jadi penyebabnya langkah terbaik yang harus dilakukan adalah dengan mengunjungi dokter spesialis THT untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Terlebih jika kondisi ini berlangsung cukup lama dan tak kunjung membaik. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan secara lebih lengkap dan memutuskan jenis pengobatan atau penanganan seperti apa yang lebih tepat.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa penyebab munculnya benjolan di dalam telingan seperti jerawat.

Semoga informasi yang redaksi sampaikan pada artikel kali ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Pos terkait