Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal yang Perlu Anda tahu

oleh
Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal yang Perlu Anda tahu

Salah satu jenis penyakit saluran kencing yang cukup berbahaya adalah batu ginjal. Dalam istilah medis penyakit ini dikenal dengan nama nefrolitiasis. Agar bisa ditangani dengan cepat dan tidak terlanjur parah, perlu dikatahui apa saja ciri-ciri penyakit batu ginjal.

Perlu Anda ketahui, penyakit batu ginjal adalah penyakit pada saluran kencing dimana ini terjadi karena terbentuknya materi padat dan keras yang menyerupai batu pada ginjal muncul di sepanjang saluran urine.

Penyakit ini sendiri dapat terjadi karena limbah yang berada di dalam darah akan membentuk kristal dan menumpuk di bagian ginjal penderita.

Apabila kristal yang menumpuk tersebut terlalu besar dapat mengganggu cadangan urin di ginjal, ureter, kandung kemih, atau uretra dan akan menyebabkan rasa sakit yang cukup menyiksa.

Baca Juga :  Mengenal Penyakit Hidrosefalus, Penyebab Kepala Jadi membesar

Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal

Mengingat betapa berbahayanya penyakit ini, maka sedari dini perlu di ketahui apa saja gejala atau ciri-ciri dari penyakit yang satu ini.

Seperti yang redaksi kutip dari laman halodoc, berikut ini adalah gejala dan ciri-ciri dari penyakit batu ginjal yang sebaiknya Anda ketahui.

  • Sering Buang Air Kecil

Ketika seseorang mengalami masalah sering buang air kecil, itu bisa menjadi indikasi jika ada yang bermasalah dengan kessehatan.

Salah satunya adalah kemungkinan mengidap batu ginjal. Terlebih jika dibarengi dengan rasa sakit pada saat buang air kecil.

  • Sering Mengalami Mual

Selanjutnya, ciri-ciri seseorang menderita batu ginjal adalah akan sering mengalami mual. Hal ini dikarenakan ketika seseorang mengalami masalah pada ginjal akan membuat perut menjadi tidak nyaman.

Efeknya penderita akan sering mengalami mual dan bahkan bisa terjaid muntah.

  • Muncul Sakit Pada Bagian Pinggang

Meski rasa sakit yang muncul pada pinggang tidak selalu berkaitan dengan batu ginjal, namun ini juga menjadi salah satu ciri atau gejala jika seseorang menderita batu ginjal.

Baca Juga :  Leukopenia (Leukosit Rendah), Penyebab dan Gejalanya

Rasa sakit yang diderita tidak hanya muncuk pada area pinggang saja, namun terkadang akan menjalan hingga pada bagian punggung, di bawah tulang rusuk, bahkan ke perut sampai selangkangan.

  • Urine yang Keluar Sedikit

Dalam beberapa kasus, ketika seseorang didiagnosa mengelami sakit batu ginjal salah satu ciri-ciri yang nampak selain sering buang air kecil, adalah cairan atau air kencing yang keluar dalam jumlah yang sedikit.

Bahkan beberapa ada yang mengalami ketika buang air kecil tidak ada cairan urine yang keluar sama sekali.

  • Kencing Keluar Darah

Jika sakit batu ginjal yang dialami sudah masuk tahap yang cukup parah, indikaisnya adalah akan buang air kecil atau kencing dan keluar darah pada urine.

Kondisi seperti ini disebut dalam istilah medis dengan sebutan hematuria. Dimana ketika seseorang buang air kecil dan urine yang keluar berwarna merah, merah muda, atau cokelat karena bercampur dengan darah.

  • Air Kecing Berbau Menyengat

Ciri-ciri penyakit batu ginjal berikutnya yakni apabila buang air kecil, urine yang keluar akan berbau yang cukup menyengat.

Baca Juga :  Kenali Sejak Dini, Tanda-Tanda Meningitis pada Bayi

Perlu Anda ketahui, bahwa urine atau cairan kecing yang sehat umumnya akan berwarna jernih dan tidak berbau.

Namun ketika air seni yang keluar berwarna keruh dan berbau tak sedap, itu bisa jadi salah satu tanda infeksi pada ginjal atau saluran kencing karena adanya batu ginjal.

  • Ciri-Ciri Penyakit Batu Ginjal Lainnya

Selain beberpaa ciri yang sudah redaksi sebutkan diatas, beberapa ciri atau gejala lainnya ketika seseorang mengalami batu ginjal adalah, muncul sensai ras panas ketika buang air kecil, demam atau menggigil, dan juga gelisah.

Demikian informasi dari redaksi mengenai ciri-ciri penyakit batu ginjal yang sebaiknya Anda ketahui.

Namun demikian, untuk memastikan lebih lanjut sebaiknya kunjungi dokter apabila muncul gejala diatas agar dilakukan pemeriksaan yang lebih lengkap.

Semoga informasi yang redaksi berikan pada artikel ini bermanfaat untuk Anda.