Gusi Bengkak Minum Obat Apa, Ini Saran Dokter

oleh
Gusi Bengkak Minum Obat Apa, Ini Saran Dokter

Mengalami sakit gigi disertai dengan gusi bengkak memang cukup menyiksa. Terutama jika gusi bengkak yang dialami cukup besar, ini akan membuat penderita kesulitan untuk makan atau mengunyah makanan. Sehubungan dengan hal tersebut, kali ini redaksi akan membahas mengenai jika gusi bengkak minum obat apa yang disarankan oleh dokter.

Pasalnya apabila gusi bengkak tidak segera diobati, dikhawatirkan akan bertambah parah. Dalam beberapa kasus, gusi bengkak yang sudah telanjur parah akan timbul nanah dan ini cukup berbahaya.

Agar tidak sampai mengalami kejadian tersebut,  berikut ini akan redaksi ulas saran dari dokter mengenai obat apa yang harus diminum untuk mengatasi gusi bengkak.

Baca Juga :  Daftar Makanan Sehat Untuk Tulang dan Sendi

Gusi Bengkak Minum Obat Apa, Ini Saran Dokter

Ada beberapa jenis obat yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi masalah gusi bengkak ini, mulai dari tablet atau obat kumur.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak detail penjelasannya pada lanjutan artikel dibawah ini.

1. Minum Obat Pereda Nyeri

Jika mengalami gusi bengkak harus minum obat apa yang tepat, menurut saran dokter jenis obat yang bisa dikonsumsi untuk meredakan gusi bengkak adalah obat pereda nyeri.

Jenis obat yang dimaksud adalah obat paracetamol atau ibuprofen. Namun demikian, untuk membeli obat jenis ini harus dengan resep dokter.

2. Menggunakan Obat Kumur

Selanjutnya, obat kumur untuk mengatasi gusi bengkak adalah obat yang mengandung antiseptik yang digunakan dengan cara untuk berkumur.

Jenis obat kumur ini adalah Chlorhexidine antiseptic mouthwash. Chlorhexidine merupakan obat antiseptik untuk melawan infeksi akibat bakteri penyebab gusi bengkak.

Perlu diingat, jenis obat yang satu ini hanya bisa dibeli dengan resep dokter.

Baca Juga :  Perbedaan Darah Rendah dan Kurang Darah yang Harus Anda Tahu

3. Obat Antibiotik

Berikutnya, obat yang disarankan oleh dokter untuk dikonsumsi guna meredakan gusi bengkak adalah obat antibiotik.

Beberapa jenis obat antibiotik yang cukup populer dan banyak digunakan sebagai obat untuk meredakan gusi bengkak yaitu Amoxicillin, Metronidazole, Erythtromycin.

Mamun demikian, untuk menentukan jenis antibiotik untuk gusi bengkak yang tepat, diperlukan pemeriksaan oleh dokter gigi terlebih dahulu.

Obat Alami Atasi Gusi Bengkak

Selain menggunakan obat-obatan kimia yang sudah redaksi jelaskan dalam tiga jenis obat diatas, untuk meredakan gusi bengkak juga bisa dilakukan dengan cara dan bahan-bahan yang alami.

  • Berkumur Dengan Air Garam

Cara alami pertama untuk meredakan gusi bengkak adalah dengan berkumur dengan air garam, karena garam diketahui cukup  efektif membunuh bakteri jahat dalam mulut.

Caranya, cukup larutkan satu sendok teh garam dengan air hangat dan gunakan untuk berkumur.

  • Kompress Dengan Es Batu

Untuk meredakan gusi bengkak dengan cara alami, bisa dilakukan dengan cara kompress dingin menggunakan es batu.

Baca Juga :  Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari

Caranya cukup mudah, sediakan es batu lalu bungkung dengan kain bersih. Selanjutnya tempelkan pada area gusi yang bengkak. Lakukan beberapa kali dalam sehari hingga bengkak berangsur hilang.

  • Menggunakan Kunyit

Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan untuk meredakan gusi bengkak adalah bahan alami berupa tanaman herbal kunyit.

Sebagai informasi, bahwa senyawa curcumin yang terdapat dalam kunyit diketahui berfungsi melawan bakteri penyebab infeksi gusi, serta meredakan peradangannya.

Caranya, parut setengah ruas kunyit hingga berbentuk pasta. Kemudian taruh pasta kunyot tersebut dalam kain kasa, lalu tempelkan langsung pada gusi yang bengkak dalam mulut.

Jika sudah, bersihkan sisa pasta kunyit didalam mulut dengan berkumur hingga bersih.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa cara yang bisa dilakukan ketika mengalami gusi bengkak. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.