Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

oleh
Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Meski kejadian kaki bengkak pada ibu hamil merupakan sesuatu yang wajar dan lumrah terjadi, namun ada baiknya para bumil mengenali apa saja yang jadi penyebab kaki bengkak pada ibu hamil tersebut.

Mengapa ini cukup penting untuk diketahui para bumil, karena apabila munculnya bengkak pada kaki selama masa kehamilan terebut disertai dengan gejala lain, hal inilah yang patut untuk diwaspadai.

Sehingga dengan mengetahui segala hal yang jadi penyebabnya bumil bisa mendeteksi sejak dini, apakah bengkak tersebut merupakan bengkak yang normal atau tidak.

Untuk lebih jelasnya, informasi mengenai berbagai penyebab kaki bengkak pada ibu hamil akan redaksi jelasakan berdasarkan trimester kehamilan. Silahkan disimak.

Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

Secara umum, kaki bengkak akan dialami oleh para bumil ketika mendeketi masa-masa kelahiran, atau usia kehamilan menginjak usia 8 bulanan.

Baca Juga :  Pemulihan Pasca Operasi Caesar Agar Cepat Membaik

Namun ada juga yang mengalami kondisi kaki bengkak ini masa trimester pertama kehamilan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penyebab kaki bengkak pada ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan:

  • Penyebab Kaki Bengkak Trimester Pertama Kehamilan

Untuk bumil yang sedang masa awal-awal kehamilan atau trimester pertama, ketika mengalami kaki bengkak hal ini disebabkan oleh kadar hormon progesteron yang meningkat cukup pesat.

Ketika hormon tersebut cukup banyak, hal ini bisa berdampak pada munculnya sedikit pembengkakan di beberapa bagian tubuh bumil, misalnya yang paling sering terjadi pada kaki.

Pembengkakan pada kaki seperti ini yang disebabkan oleh perubahan hormon adalah sesuatu  yang wajar dan normal terjadi pada bumil pada umumnya.

  • Penyebab Kaki Bengkak Trimester Kedua Kehamilan

Ketika memasuki trimester kedua kehamilan, atau masa kehamilan usia 13-28 minggu, banyak diantara bumil yang merasakan kaki bengkak.

Umumnya hal ini disebabkan oleh meningkatnya volume darah dan cairan di dalam tubuh pada ibu hamil. Dimana dengan semakin bertambahnya volume darah dan cairan tubuh hal itu berimbas pada reaksi kaki yang menjadi bengkak.

Baca Juga :  Atasi Diare Saat Hamil Dengan Cara Alami Tanpa Efek Samping

Bertambahnya volume darah dan cairah dalam tubuh bumil tersebut, merupakan mekanisme alami tubuh yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan janin, serta untuk mempersiapkan persendian dan jaringan panggul agar lebih terbuka untuk masa bersalain nantinya.

  • Penyebab Kaki Bengkak Trimester Ketiga Kehamilan

Terakhir, penyebab kaki bengkak pada ibu hamil memasuki trimester ketiga atau waktu-waktu terakhir masa kehamilan hal itu dikeranakan semakin meningkatnya cairan dalam tubuh bumil.

Seiring dengan rahim yang terus membesar bersamaan dengan semakin berkembangnya janin, maka kondisi rahim yang makin membesar dapat menekan pembuluh darah vena di area panggul ibu hamil.

Tekanan yang terjadi tersebut, diketahui dapat memperlambat kembalinya darah dari kaki menuju jantung, sehingga darah akan berkumpul di pembuluh darah kaki, dimana hal itulah yang kemudian dapat menyebabkan pembengkakan pada kali.

Beberapa Penyebab Lainnya

Selain penyebab secara medis yang digolongkan berdasarkan masa kehamilan, ketika ibu hamil mengalami kaki bengkak hal itu bisa juga disebabkan oleh beberepa hal berikut ini:

  • Ibu hamil sering berdiri dalam waktu yang cukup lama.
  • Karena kelelahan atau habis melakukan aktivitas yang cukup berat.
  • Kelebihan air ketuban.
  • Kemungkinan mengandung bayi kembar.
  • Cuaca sedang panas.
  • Ibu hamil dehidrasi atau kurang minum air putih.
  • Kurang atau bahkan jarang mengonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung kalium.
  • Sering makan makanan yang asin dan juga sering minuman berkafein/kopi.
Baca Juga :  Darah Haid Keluar Sedikit, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Keluhan mengenai kaki bengkak pada ibu hamil merupakan sesuatu yang cukup wajar. Namun tetap harus jadi perhatian apabila hal itu disebabkan oleh poin-poin terkahir yang redaksi jelaskan diatas.

Nantinya, kaki yang bengkak saat masa kehamilan tersebut biasanya akan mereda dengan sendirinya setelah si jabang lahir kedunia.

Selama hal tersebut bukan di akibatkan oleh adanya gangguan kesehatan, kaki bengkak pada ibu hamil bukanlah sesuatu yang perlu untuk di khawatirkan secara berlebihan.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *