Waspadai Makanan Penyebab Batu Ginjal Berikut Ini

oleh
Waspadai Makanan Penyebab Batu Ginjal Berikut Ini

Banyak yang tak menyadari, meskipun jenis makanan tersebut merupakan jenis makanan sehat yang kita konsumsi sehari-hari, namun ada beberapa diantaranya adalah makanan penyebab batu ginjal.

Penyakit batu ginjal sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang penyebab utamanya adalah dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Batu ginjal merupakan material yang berbentuk padat yang terbentuk pada organ ginjal manusia. Dalam bahasa medis, penyakit batu ginjal di dikenal dengan istilah nefrolitiasis, dimana material berbentuk padat batu ginjal tersebut terbentuk dari sisa zat di dalam darah yang disaring oleh ginjal lalu mengendap dan mengkristal seiring waktu.

Baca Juga :  Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Cegah batu Ginjal

Umumnya, penyakit ini diderita oleh mereka yang berusia antara 30-60 tahun. Penyakit ini jug tak mengenal jenis kelamin, yang berarti siapapun baik pria maupun wanita beresiko terkena batu ginjal.

Beberapa Jenis Makanan Penyebab Batu Ginjal

Mengingat penyakit ini umumnya disebabkan oleh faktor makanan dan minuman yang dikonsumsi, maka sebaiknya perlu diketahui sejak dini beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan batu ginjal ini.

Makanan yang Tinggi Sodium

Jika bicara mengenai Sodium, maka yang terlintas dalam benak kita pasti garam. Meski zat ini sebenarnya baik dan diperlukan oleh tubuh, namun jika mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan dan dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan batu ginjal.

Tak hanya garam saja, jenis makanan kemasan juga dapat meningkatkan risiko Anda menderita batu ginjal karena kebanyakan jenis makanan ini sudah diawetkan dan memiliki kadar sodium yang cukup tinggi.

Baca Juga :  Waspada, 7 Kebiasaan Ini Bisa Membahayakan Ginjal Anda

Beberapa jenis makanan yang mengandung zat sodium yang cukup tinggi antara lain:

  • Makanan kaleng atau kemasan, terutama makananan dengan cita rasa yang asin
  • Daging olahan (seperti bacon, nugget, ham, sosis)
  • Kecap atau saus
  • Kacang-kacangan yang sudah diawetkan atau diasinkan
  • Makanan siap saji (seperti sereal instan, mie instan)

Protein Hewani

Mungkin banyak yang tak menyangka jika protein hewani yang berasal dari daging-dagingan ini bisa menyebabkan batu ginjal.

Namun, faktanya memang demikian. Protein hewani ini merupakan salah satu sumber makanan penyebab batu ginjal yang harus di waspadai.

Sumber makanan seperti daging dan sumber protein hewani lainnya misalnya telur dan seafood banyak mengandung zat purin.

Baca Juga :  Sakit Pinggang Tanda Ginjal Bermasalah? Mitos atau Fakta

Zat Purin iilah yang nantinya akan diubah menjadi asam urat di dalam urin. Asam urat merupakan salah satu bahan pembentuk batu ginjal sehingga, apabila seseorang terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal di kemudian hari.

Tak hanya daging, beberapa bagian lain dari olahan makanan seperti hati dan jeroan juga banyak mengandung zat purin yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, bijak-bijakalah dalam mengkonsumsi jenis makanan tersebut jika tidak ingin menderita penyakit yang cukup berbahaya ini.

Makanan yang Tinggi Oksalat

Jenis makanan penyebab batu ginjal berikutnya adalah makanan yang diketahui tinggi akan zat Oksalat. Zat oksalat sendiri dihasilkan oleh yeng merupakan hasil sampingan pemecahan vitamin C.

Mengonsumsi makanan yang memiliki kadar oksalat tinggi dapat meningkatkan jumlah oksalat dalam urin di mana nantinya oksalat tersebut merupakan salah satu penyebab terbentuknya batu ginjal.

Baca Juga :  Sering Makan Petai Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang kadar za oksalatnya cukup tinggi, antara lain:

  • Almond
  • Kacang mede
  • Produk kedelai
  • Bayam
  • Okra
  • Beet
  • Kiwi
  • Bekatul dari gandum
  • Kokoa, cokelat
  • Teh
  • Makanan yang tinggi vitamin C

Seperti kita tahu, sebagian besar jenis makanan penyebab batu ginjal yang dijelaskan diatas sebenarnya adalah jenis makanan yang baik dan bergizi.

Namun, apabila di konsumsi dalam jumlah yang berlebihan justru akan menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi kesehatan, salah satunya munculnya batu ginjal tesebut.

Karenanya, mulai sekarang atur pola makan anda dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang seimbang dan bergizi agar bisa terhindar dari ancaman efek samping dari zat-zat penyebab batu ginjal tersebut.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *