Jenis Makanan Berikut Ini Sangat Berguna Untuk Memperlancar ASI

oleh
Jenis Makanan Berikut Ini Sangat Berguna Untuk Memperlancar ASI

Ada banyak cara yang bisa dilakukan ibu menyusui dalam memperlancar ASI guna memenuhi kebutuhan air susu untuk si buah hati, salah satunya dalah dengan memperbanyak mengkonsumsi jenis makanan yang dapat menambah jumlah produksi ASI.

Ada banyak wanita pasca melahirkan, mengeluh jika ASI mereka tidak keluar dengan lancar. Bahkan ada juga yang tidak bisa mengeluarkan ASI sama sekali.

Padahal seperti diketahui, ASI merupakan salah satu asupan yang sangat baik dan penting untuk bayi yang baru lahir.

Dalam air susu ibu, banyak mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi, bahkan ASI juga merupakan salah satu antibodi yang paling utaman dalam melindungi si buah hati dari serangan beragam virus dan bakteri yang mengancam.

Jumlah ASI yang dihasilkan oleh Busui tidak sama setiap harinya, terkadang bisa sangat banyak, atau terkadang juga bisa menjadi seret atau hanya keluar dalam jumlah yang sedikit.

Baca Juga :  Jenis Makanan Berikut Ini, Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Keluarnya ASI yang sedikit ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari bayi belum mahir menyusu, ibu tidak menyusui sesering mungkin, payudara tidak benar-benar kosong setelah menyusui, atau penggunaan obat-obatan yang bisa memengaruhi produksi ASI.

Apabila, diantara busui ada yang sedang dalam kondisi dimana ASI yang keluar tidak banyak, maka beberapa jenis makanan berikut ini bisa dicoba untuk di konsumsi guna memperlancar ASI, sehingga kebutuhan asupan asi untuk si kecil bisa terpenuhi.

Jenis Makanan yang Bisa Memperlancar ASI

Agar produksi ASI semakin meningkat pasca melahirkan, ibu menyusi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan untuk memperlancar ASI. Apa saja jenis makanan tersebut, berikut beberapa diantaranya yang bisa dicoba:

  • Bebarapa Jenis Sayuran Hijau

Banyak orang-orang tua dahulu yang menyarankan jika ingin ASI lancar harus memperbanyak makanan sayuran hijau, misalnya daun katuk.

Nasehat tersebut memang benar adanya. Karena untuk memperlancar ASI, busui sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dari sayuran hijau tersebut.

Baca Juga :  Penyebab Umum Perdarahan Saat Hamil Trimester Pertama

Tak hanya daun katuk, sayuran lain seperti selada, kangkung, brokoli, dan bayam, juga bisa di coba untuk di konsumsi karena banyak mengandung kalsium dan fitoestrogen yang diketahui dapat meningkatkan produksi ASI setelah melahirkan.

  • Bawang putih

Meski sebenarnya aroma dari bawang putih ini terasa menyengat, namun ternyata baliknya tersimpan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Bahkan, busui bisa menggunakan bawang putih ini untuk memperlancar ASI mereka.

Dalam sebuah penelitian kesehatan ditemukan fakta mengejutkan, meski memiliki aroma yang kurang disukai oleh ibu menyusui, namun bayi yang minum ASI dari ibu yang rutin mengkonsumsi bawang putih sangat menyukai aroma tersebut dan membuat bayi mau menyusu lebih lama.

  • Kacang Almond

Cemilan berupa kacang almond, selain rasanya yang enak juga bisa meningkatkan dan memperlancar ASI para ibu yang sedang dalam masa menyusui.

Dalam kacang almond banyak mengandung protein dan kalsium yang bisa membuat produksi ASI jadi melimpah dan lebih kental.

  • Gandum

Gandum kaya akan zat besi yang  baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Jenis makanan yang satu ini dipercaya bisa mendukung kinerja hormon yang berperan dalam produksi ASI, sehingga produksi ASI akan lebih banyak dan melimpah untuk memenuhi kebutuhan ASI bayi anda.

  • Fenugreek

Meski terdengar asing, tanaman herbal bernama Fenugreek atau klabet ini memiliki khasiat yang baik untuk memperlancar ASI para ibu-ibu yang sedang dalam masa menyusui bayi mereka.

Baca Juga :  Penyebab Pendarahan saat Hamil Trimester Kedua dan Ketiga

Dibanding jenis makanan lain, Fenugreek akan merangsang kelenjar susu agar memproduksi ASI dalam jumlah yang lebih banyak hanya dalam dalam waktu 24-72 jam setelah Busui mengonsumsi tanaman fenugreek ini.

Selain mengkonsum jenis-jenis makanan untuk memperlancar ASI yang sudah dijelaskan diatas, para busui juga disarankan untuk beristirahat yang cukup, jangan kelelahan dan yang pasti jangan terlalu stress.

Apabila, jumlah ASI yang keluar jug amasih belum sesuai dengan harapan, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter guna pemeriksaan dan penanagan yang lebih tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *