Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Olah Raga Setelah Melahirkan ?

oleh
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Olah Raga Setelah Melahirkan ?

Olah raga merupakan kunci menuju tubuh yang sehat dengan cara yang murah, dan dapat dilakukan oleh siapa saja, baik dewasa maupun anak-anak, wanita atau pria.

Terutama untuk kaum wanita, olah raga bisa menjadi cara yang efektif untuk menjaga tubuh tetap sehat serta memperoleh bentuk tubuh yang ideal.

Bahkan, pasca melahirkan wanita juga disarankan untuk melakukan olah raga agar kondisi tubug mereka tetap fit dan membantu untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran fisiknya, fungsi organ jantung dan paru-paru, serta kesehatan psikologis mereka.

Namun, masih banyak wanita terutama mereka yang setelah melahirkan merasa bingung, kapan waktu yang tepat bagi mereka bisa berolah raga kembali ? mengingat kondisi fisik setelah melahirkan dipastikan belum sepenuhya normal.

Kali ini, redaksi aramedika.com akan menjelaskan kapan waktu yang tepat, serta jenis olah raga apa yang baik di lakukan oleh wanita pasca melahirkan.

Waktu Yang Tepat Untuk Olah Raga Setelah Melahirkan

Pasca melahirkan, umumnya anatomi dan fisiologi tubuh wanita akan kembali ke bentuk semula dalam kurun waktu 6 sampai 8 minggu.

Baca Juga :  Penyebab Umum Perdarahan Saat Hamil Trimester Pertama

Karena itu, untuk bisa beraktifitas olah raga ada beberapa hal yang diperhatikan, yakni didasarkan pada proses persalinannya apakah normal atau dengan operasi caesar.

Olahraga Setelah Melahirkan dengan Operasi Caesar

Jika wanita menjalani proses persalinan dengan cara operasi caesar, maka waktu pemulihan fisik yang di butuhkan adalah antara 4 sampai 6 minggu pasa operasi.

Kendati demikian, untuk bisa berolah raga wanita yang melahirkan secara caesar harus dalam kondisi kondisi baik semua tanda-tanda vital tubuhnya, seperti seperti suhu, detak jantung, dan pernapasan, sudah stabil.

Wanita dilarang melakukan olah raga setelah melahirkan dengan operasi caesar apabila mengalami tanda-tanda berikut:

  • Setalah persalinan mengalami komplikasi medis, seperti anemia, gangguan kardiorespirasi (jantung dan pernapasan), atau tromboemboli.
  • Masih merasakan nyeri pada bekas operasi caesar serta masih dalam masa pengobatan dengan obat pereda nyeri tersebut.
  • Terjadi komplikasi operasi dan pascaoperasi, seperti mengalami mual dan muntah, penyembuhan luka abnormal, neuropati, dan inkontinensia
Baca Juga :  Bumil dilarang Menggunakan Kosmetik Jenis Ini

Namun, jika tubuh sudah menunjukan tanda fisik yang kuat dan stabil, maka olah raga bisa dilakukan pada minggu ke 7 atau 8 setelah masa persalinan dengan cara caesar.

Dengan melakukan aktivitas fisik dan olahraga ringan, hal itu dapat mengurangi risiko penyakit yang terkait dengan gaya hidup yang kurang aktif setelah operasi.

Selain itu,  aktivitas fisik seperti olah raga ringan misalnya juga akan mempercepat pemulihan kondisi dan fungsi tubuh setelah operasi.

Olahraga Setelah Melahirkan Normal

Untuk wanita yang melahirkan secara normal, untuk bisa beraktifitas kembali seperti berolah raga ringan tergantung pada beberapa faktor, misalnya tingkat keparahan cedera atau robekan, banyaknya volume darah yang hilang (derajat anemia) saat persalinan, dan ada atau tidaknya komplikasi dalam kehamilan dan pascamelahirkan.

Namun, umumnya olah raga ringan bisa dilakukan setelah 4-6 minggu pasca persalinan.

Baca Juga :  Waspadai Penggunaan Pemerah Bibir Untuk Wanita Hamil

Jenis Olah Raga yang disarankan Setelah Melahirkan

Untuk jenis olah raga yang di sarankan, adaah jenis olah raga ringan dan harus dilakukan secara bertahap.

Jenis olah raga yang disaraankan:

  1. Senam kegel
  2. Jalan kaki
  3. Angkat beban ringan
  4. Olah raga yang bertujuan untuk melatih otot perut dan panggul
  5. Olah raga dengan peralatan di Gym

Dengan olah raga setelah melahirkan, hal tersebut akan membantu mengembalikan berat badan yang ideal,serta dapat mencegah munculnya penyakit metabolik, seperti obesitas, diabetes melitus, dan hipertensi.

Karena seperti kita tahu, masalah utama wanita setelah melahirkan adalah biasanya naiknya berat badan yang tidak terkontrol.

Dengan rajin berolah raga setelah melahirkan, hal ini juga dapat membantu menjaga tubuh anda tepa ideal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *