Mengatasi Mual-Mual Saat Hamil Muda, Coba Tips Berikut Ini

oleh
Mengatasi Mual-Mual Saat Hamil Muda, Coba Tips Berikut Ini

Mengalami mual-mual saat hamil muda merupakan salah satu keluhan yang paling sering dialami oleh para Bumil.

Mual dan muntah yang dikenal dengan istilah morning sickness, sebenarnya tidak hanya terjadi diwaktu pagi hari saja, namun kondisi ini juga bisa terjadi pada siang atau malam hari.

Penyabab utama mual-mual saat hamil muda ini adalah adaya perubahan hormon selama hamil dan umumnya dialami oleh semua wanita yang sedang hamil, meski ada sebagian kecil kasus yang dilaporkan wanita hamil tidak mengalami kondisi ini.

Munculnya rasa mual dan muntah saat hamil muda ini biasanya dimulai sejak awal masa kehamilan dan mencapai puncaknya di sekitar minggu ke-9.

Namun seiringnya waktu dan semakin membesarnya kondisi perut, maka rasa mual tersebut berangsur-angsur mereda dan akan membaik setelah melewati usia kehamilan 12 minggu.

Cara Mengatasi Mual-Mual Saat Hamil Muda

Kondisi ini dirasa cukup menggangu dan membuat tak nyaman sebagian wanita yang sedang hamil. Meski ada beberapa diantaranya ada yang menghadapi ini dengan santai, namun untuk wanita yang sedang hamil anak pertama terkadang bisa memicu rasa stress.

Untuk mengatasi kondisi ini, ada beberapa cara yang bisa dicoba berdasarkan munculnya rasa mual tersebut.

  • Mengatasi mual di pagi hari

Untuk yang mengalam mual-mual saat hamil muda dan seringnya terjadi pada pagi hari berikut ini adalah saran dari ahli kesehatan dan kandungan yang bisa coba.

Baca Juga :  Penyebab Menstruasi Terlambat yang Sering dialami Wanita

ketika bangun tidur dipagi hari, usahakan untuk bangun secara perlahan dan tidak langsung beranjak atau turun dari tempat tidur.

Beri waktu sekitar 20-30 menit sebelum beranjak dari tempat tidur anda. Untuk bumil yaag harus tetap beraktifitas, maka usahakan untuk bangun lebih awal sehinga Bumil punya waktu lebih banyak untuk bersiap-siap.

Saat malam menjelang tidur, sediakan makanan ringan atau camilan di samping tempat tidur anda, hal ini untuk mempermudah Bumil agar bisa segera mengisi perut yang kosong tanpa harus repot turun dari tempat tidur untuk pergi ke dapur atau memasak.

Bisa juga minta tolong suami, untuk menyiapkan sarapan ringan serta mengonsumsi teh hangat atau air jahe untuk meredakan mual yang biasanya muncul saat pagi hari saat bangun tidur.

Selain dengan mengonsumsi makanan ringan dan minuman hangat, Bunda juga bisa meredakan mual di pagi hari ini dengan cara mendengarkan musik yang Bumil sukai. Musik akan membantu Bunda agar lebih rileks dan teralihkan dari rasa mual yang membuat Bumil tak nyaman.

  • Mengatasi mual di siang hari

Jika seringnya rasa mual muncul disiang hari, beberapa tips berikut ini mungkin bisa Bunda coba untuk mengatasi mua-mual saat hamil muda:

  • Saat jam makan siang, sebaiknya porsi makan siang jangan terlalu banyak. Namun, bisa lebih sering makan agar perut tidak dalam kondisi kosong.
  • Perbanyak konsumsi menu makanan yang mengandung protein dan vitamin B, seperti kacang-kacangan, serta makanan berkarbohidrat tinggi namun rendah lemak, seperti nasi, roti, biskuit, atau bisa juga pasta.
  • Sebaiknya hindari mengonsumsi jenis makanan atau minuman yang berbau menyengat.
  • SPerbanyak minum air putih
  • Pakai bahan alami buah lemon, dengan cara menghirup aroma lemon atau bisa juga tambahkan irisan lemon ke dalam teh atau air putih
  • Coba kunyah permen mint, rasa dan aromanya dipercaya dapat meredakan mual.
  • Jangan terlalu banyak beraktifitas disiang hari.
  • Setelah makan siang, sebaiknya jangan langsung tidur.
Baca Juga :  Bumil dilarang Menggunakan Kosmetik Jenis Ini

Dalam beberapa kasus juga sering ditemui, ada Bumil yang menggunakan aroma minyak kayu putih, jahe, lavender atau sejenis aroma terapi untuk menghilangkan rasa mual dengan cara menghirup aromanya.

  • Mengatasi mual di malam hari

Sementara jika Bumil lebih sering mengalami mual di malam hari, maka sebaiknya untuk mengatasi kondisi tersebut bisa menerapkan tips berikut ini.

Bumil disarankan untuk tidak mengonsumsi jenis makanan dengan cita rasa yang pedas, berminyak, berlemak, dan dan asam.

Cukup waktu istirahat dengan tidur malam lebih awal. Dengan istirahat yang cukup, hal ini sangat penting bagi Bumil agar tetap bertenaga selama menjalani aktivitas keesokan harinya.

Jika Bumil sering terbangun tengah malam, cobalah mengonsumsi sedikit camilan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Selain beberapa tips diatas untuk mengatasi mual-mual saat hamil muda, Bumil juga bisa mencoba untuk melakukan loha raga Yoga.

Baca Juga :  Berbagai Hal yang Harus Wanita Ketahui Seputar KB Implan atau Susuk

Beberapa pengalaman yang dibagikan oleh Bumil lainnya, ternyata ada beberapa pose yoga  dapat membantu Bumil merasa lebih rileks dan nyaman, sehingga keluhan mual dan muntah saat sedang hamil muda bisa berkurang atau bahkan hilang.

Mual dan muntah saat hamil sebenarnya adalah sebuah kondisi yang wajar dan dialami oleh semua ibu hamil. Meski demikian jika kondisi tersebut disertai dengan gejala seperti:

  • Mual lalu muntah¬† namun disertai dengan bercak darah.
  • Tubuh terasa semakin lemas, pusing, atau bahkan terasa akan pingsan saat berdiri.
  • Disertai dengan demam.
  • Tidak buang air kecil selama lebih dari 8 jam serta muncul rasa nyeri saat buang air kecil.
  • Warna urine menjaid gelap atau ada bercak darah
  • Tidak bisa makan atau minum selama 24 jam atau lebih
  • Berat badan turun drastis

Maka sebaiknya segera berkonsulsati dengan dokter ahli kandungan guna dilakukan pemeriksaan lengkap serta saran penaganan medis yang tepat. Jangan abaikan mual dan muntah yang disertai dengan gejala diatas, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *