Atasi Diare Saat Hamil Dengan Cara Alami Tanpa Efek Samping

oleh
Atasi Diare Saat Hamil Dengan Cara Tradisional Tanpa Efek Samping

Salah satu keluhan yang kerap kali di utarakan oleh wanita yang tengah berbadan dua, selain rasa mual dan muntah adalah diare. Untuk mengatasi diare saat hamil ini, bisa dilakukan dengan cara alami guna mengindari efek samping.

Pasalnya, bagi anda seorang Ibu yang tengah dalam kondisi hamil, sangat di anjurkan untuk membatasi penggunaan obat-obatan kimia.

Selama proses kehamilan, dibutuhkan kehati-hatian dalam mengonsumsi obat disaat anda sedang tidak enak badan, termasuk ketika sedang mengalami diare.

Sebenarnya, diare yang dialami oleh ibu hamil bisa terjadi karena adanya perubahan hormonal. Namun, diare juga bisa terjadi dikarenakan adanya infeksi virus, parasit, atau juga bakteri.

Faktor lainnya yang memicu diare adalah masuk angin, mengonsumsi makanan yang kurang sehat, keracunan obat, tau bahkan karena mengonsumsi jenis obat tertentu.

Baca Juga :  Rambut Rontok Saat Hamil, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebaiknya, ibu hamil tidak boleh menyepelekan diare karena ini adalah penyakit serius.

Selain membutuhkan penanganan khusus, ibu hamil juga harus memastikan bahwa dirinya tidak mengalami dehidrasi, serta membutuhkan perawatan dan perhatian yang cukup ekstra.

Memang ada beberapa obat untuk atasi diare yang tersedia di pasaran, akan tetapi anda tidak bisa langsung megonsumsinya tanpa adanya anjuran dokter.

Itulah mengapa anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Untuk pertolongan tanpa efek samping, anda bisa menggunakan beberapa bahan herbal dan cara tradisional.

Mengatasi Diare Saat Hamil Dengan Cara Alami

Cara-cara berikut ini tidak kalah efektifnya jika dibandingkan dengan obat dokter. Berikut pilihan obat tradisional yang harus anda coba untuk atasi diare saat hamil:

1. Perbanyak Air Putih

Untuk atasi diare saat hamil, bisa dengan memperbanyak minum air putih. Selain itu, air putih juga sangat penting untuk menjaga agar tubuh tidak mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi ketika sedang diare.

Baca Juga :  Beberapa Obat Keputihan Alami yang Sebaiknya Anda Tahu

Air putih juga dibutuhkan agar cairan dalam tubuh tetap terjaga. Bahkan, anda bisa rajin meminum air putih untuk mencegah diare datang kembali.

2. jangan Mengkonsumsi Makanan Pedas

Saat diare, sebaiknya hentikan mengonsumsi makanan pedas terlebih dahulu, terutama untuk anda yang menyukai makanan dengan cita rasa pedas.

Cara ini terbukti ampuh untuk atasi diare saat hamil karena akan membantu kondisi pencernaan anda membaik.

Sebaliknya, mengonsumsi makanan pedas ketika sedang diare hanya akan memperparah kondisi anda. Jika diteruskan, maka dapat memicu masalah lainnya seperti maag atau juga gangguan pencernaan lainnya.

3. Buatlah Sup Kaldu Ayam

Sup Kaldu ayam bisa menjadi salah satu obat herbal untuk atasi diare saat hamil. Selain terdengar nikmat, mengkonsumsi sup ini akan membantu meningkatkan asupan protein yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga :  Penyebab Umum Perdarahan Saat Hamil Trimester Pertama

Cara ini pasti berhasil karena dapat membuat anda merasa nyaman dan tetap menjaga agar tubuh tidak kehilangan cairan.

4. Makan Kentang Rebus

Cara terakhir untuk atasi diare saat hamil yang terbukti manjur untuk dilakukan adalah dengan mengonsumsi kentang rebus.

Mengapa demikian? Kentang rebus bisa menjadi obat diare karena kandungan zat putih yang ada didalamnya. Zat inilah yang membuatnya mudah dicerna.

Kentang rebus juga cocok untuk membantu ibu hamil agar tidak merasa lemas karena diare.

Demikian beberapa bahan tradisional yang cocok anda gunakan sebagai obat untuk atasi diare sata hamil yang sudah terbukti manjur.

Dengan melakukan cara-cara di atas secara rutin selama diare, niscaya sakit diare yang dialami oleh anda terutama yang sedang hamil bisa lekas segera sembuh.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *