Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Ini Beberapa Penyebabnya

oleh
Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Ini Beberapa Penyebabnya

Dengan semakin bertambahnya usia, salah satu masalah kesehatan yang kerap dikeluhkan oleh banyak orang adalah masalah sakit pinggang sebelah kiri.

Tak hanya karena faktor usia saja, ketika muncul rasa sakit pada bagian pinggang ini juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantanya adalah masalah yang terjadi pada struktur jaringan dan organ di sekitar pinggang.

Baca Juga :  Sakit Pinggang Tanda Ginjal Bermasalah? Mitos atau Fakta

Munculnya rasa sakit pada area pinggang terutama di bagian sebelah kiri, umumnya juga akan menyebar hingga ke area daerah yang ada disekitarnya seperti area bokong, pangkal paha, serta banyak yang mengeluhkan muncul juga rasa sakit di paha bagian belakang.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Jika Anda pernah atau bahkan saat ini sedang mengalami kondisi tersebut, beberapa hal berikut ini bisa jadi penyebab mengapa anda merasakan sakit pinggang sebelah kiri.

Karena Otot Tegang

Timbulnya rasa sakit pada bagian pinggan di sebelah kiri yang mungkin saat ini sedang anda alami bisa disebabkan karena otot yang tegang pada bagian pinggang.

Ini umumnya terjadi ketika anda beraktifitas atau melakukan sesuatu dengan melibatkan gerakan punggung yang terlalu berat, misalnya olah raga angkat beban, mengangkak benda yang cukup berat, maka otot dan urat di punggung bisa tertarik, menjadi tegang dan bahkan paling parah bisa robek.

Baca Juga :  Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Olah Raga Setelah Melahirkan ?

Gejala umum yang sering dialami ketika terjadi otot tegang adalah timbulnya rasa sakit dan kaku pada pinggang, bisa sebelah kiri atau juga kanan. Untuk memulihkannya , disarankan untuk beristirahat dan menjalani fisioterapi.

Skiatika

Skiatika atau sering dikenal dalam bahasa sehari-hari dengan istilah saraf kejepit, juga bisa memicu timbulnya rasa sakit pinggang di sebelah kiri.

Kondisi ini disebabkan oleh tertekannya saraf yang menghubungkan saraf tulang belakang dan saraf tungkai, yang terjadi ketika ada pergeseran bantalan saraf di tulang belakang atau kerusakan pada tulang punggung sehingga menyebabkan penjepitan saraf.

Gejala umum yang nampak jika seseorang mengalami saraf kejepit atau skiatika ini adalah timbulnya kesemutan yang barengi dengan munculnya rasa nyeri hebat yang menjalar mulai dari pinggang kiri atau kanan ke bagian tungkai dan kaki.

Stenosis spinal

Ini merupakan istilah medis yang menjelaskan terjadinya penyempitan tulang belakang yang menyebabkan tertekannya saraf tulang belakang pada seseorang.

Adanya tekanan yang terjadi pada saraf tulang belakang akibat stenosis spinal inilah yang akan menimbulkan rasa sakit pada pinggang bagian kiri atau kanan. Selain itu, akan muncul juga kebas, kram, dan lemas pada bagian tubuh manapun, tergantung pada bagian saraf mana yang tertekan.

Seringkali, penderita yang mengalami ini akan merasakan sakit yang bertambah parah jika digunakan untuk berdiri atau berjalan. Kondisi ini umumnya dialami oleh penderita yang sudah lanjut usia.

Kemungkinan Gangguan pada ginjal

Ini yang seringkali ditakutkan oleh semua orang. Rasa sakit yang muncul pada bagian pinggang kerap di identikan dengan masalah yang terjadi pada fungsi ginjal.

Baca Juga :  Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Cegah batu Ginjal

Hal ini dikarenakan letaknya dekat dengan pinggang, maka gangguan pada ginjal, seperti batu ginjal atau infeksi ginjal, dapat memicu timbulnya rasa sakit dan nyeri pada pinggang.

Namun, untuk memastikannya haruslah di lakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter ahli.

Karena Cedera fisik

Seringkali kita tidak menyadari bahwa pinggang yang sakit tersebut disebabkan oleh cidera fisik akibat trauma fisik di masa lalu.

Keluhan ini umumnya dirasakan oleh mereka yang pernah mengalami kecelakaan yang mengakibatkan patah tulang panggul atau otot di sekitar pinggang kiri mengalami kerusakan.

Kemungkinan Adanya Kista

Sementara untuk perempuan, selain beberapa penyebab diatas apabila mengalami sakit pinggang yang dirasakan pada bagian sebelah kiriĀ  hal ini bisa saja disebabkan oleh kemungkinan adanya kista ovarium, endometriosis, pertumbuhan jaringan fibroid pada rahim, dan juga kemungkinan terjadinya kehamilan.

Baca Juga :  Pentingnya Zat Asam Folat Untuk Ibu Hamil dan Janin

Yang harus Anda Lakukan Jika Mengalami Kondisi Ini

Dalam kebanyakan kasus, munculnya rasa sakit pada pinggang yang sebelah kiri ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun demikian ada beberapa juga yang harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter guna mengetahui penyebab pasti dan cara tepat untuk menanganinya.

Pastikan anda untuk berkonsultasi dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan apabila sakit pinggang di sebelah kiri yang anda alami di sertai juga dengan:

  • Anda kesulitan untuk mengontrol buang air kecil dan buang air besar.
  • Terjadinya kelumpuhan atau mati rasa di bagian pinggang dan kaki.
  • Berkurangnya massa (ukuran) dan kekuatan otot di kedua tungkai.
  • Disertai dengan Demam.
  • Mengalami kesulitan dalam berjalan atau berjalan tampak pincang karena sakit yang teramat sangat.

Pemeriksaan yang lengkap oleh dokter yang kompeten akan memastikan apa yang jadi penyebab dan bagaimana langkah penanganan yang tepat untuk mengatasi kondisi tersebut.

Jangan sesekali mengurut atau memijit diarea tersebut yang dilakukan oleh orang yang bukan ahlinya. Karena jika tidak cermat dan belum diketahui secara pasti apa yang jadi penyebabnya, memijit atau mengurut bagian pinggang yang sakit justru akan memperparah kondisi tersebut.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *