Bangun Tidur Kepala Pusing dan Mual, Waspadai Penyebabnya

oleh
Bangun Tidur Kepala Pusing dan Mual, Waspadai Penyebabnya

Jika Anda mengalami masalah ketika bangun tidur kepala pusing dan mual, jangan anggap sepele masalah tersebut. Karena bisa jadi itu adalah tanda jika ada sesuatu yang bermasalah dengan kesehatan Anda.

Sejatinya, ketika tidur atau beristirahat malam akan membuat tubuh menjadi segar ketika bangun tidur keesokan harinya.

Namun ada beberapa orang yang jutsru ketika bangun dari tidur mengalami pusing yang teramat sangat disertai rasa mual dan ingin muntah.

Hal ini tentu akan membuat mereka yang mengalaminya tidak merasa nyaman. Jika Anda termasuk salah satu yang mengalami kondisi tersebut, berikut ini akan redaksi ulas mengenai apa saja yang jadi penyebab kenapa bangun tidur kepala menjadi pusing dan terasa mual.

Penyabab Bangun Tidur Kepala Pusing dan Mual

Ketika berada dalam situasi seperti ini, mereka yang mengalami pusing dan mual ketika bangun pagi itu bisa terjadi dalam waktu yang singkat, hanya beberapa detik atau paling lama 1 sampai 5 menit.

Baca Juga :  Beragam Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Tubuh

Namun ada juga yang mengalami kondisi ini cukup lama hingga hitungan jam, sehingga akan cukup menyiksa dan menggangu aktifitas atau pekerjaan.

Seperti yang sudah redaksi rangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa penyebab ketika bangun tidur kepala pusing dan mual yang sebaiknya Anda ketahui.

  • Gula Darah Rendah

Penyebab pertama kenapa seseorang akan mengalami pusing dan sensai mual seakan mau muntah adalah kemungkinan mengalami gula darah rendah.

Gula darah rendah atau dalam bahasa medis disebut dengan istilah hipoglikemia salah satu gejalanya adalah akan mengalami pusing kepala ketika bangun tidur disertai keluhan lain, seperti tubuhnya terasa lemas, gemetar, berkeringat dingin, dan mengalami kebingungan.

  • Mengalami Vertigo

Berikutnya, ketika seseorang mengalami pusing dan mual ketika bangun tidur hal itu bisa disebabkan oleh kemungkinan menderita sakit vertigo.

Perlu diketahui, bahwa vertigo muncul dikarenakan adanya kelainan pada bagian dalam telinga dan bagian otak yang mengatur koordinasi dan keseimbangan tubuh.

Baca Juga :  Berapa Kebutuhan Vitamin D Per Hari, Ini Rinciannya

Salah satu gejala yang terlihat adalah akan mengalami pusing ketika berubah posisi misalnya bangun tidur.

  • Tekanan Darah Rendah

Apabila Anda mengalami masalah ketika bangun tidur kepala terasa pusing dan mual, bisa jadi itu karena Anda mengalami tekanan darah rendah.

Kondisi seperti ini biasanya hanya terjadi dalam waktu yang singkat, hanya beberapa menit saja dan akan membaik dengan sendirinya.

  • Mengalami Dehidrasi

Ini umumnya terjadi ketika seseorang tidur dalam kondisi cuaca atau suhu yangg cukup panas, sehingga tidur hingga bekeringat dan menyebabkan berkurangnya cairan dalam tubuh atau dehidrasi.

Ketika seseorang mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi, maka tubuh akan terasa lemas, pusing, dan kehausan.

Imbas dari dehidrasi ini yang membuat kepala terasa pusing saat bangun tidur dan biasanya akan membaik dengan sendirinya.

  • Gagal Jantung

Kondisi ini terjadi ketika organ jantung tidak dapat memompa darah dengan baik, sehingga tidak mampu mengalirkan cukup darah dan oksigen ke seluruh tubuh, atau dengan kata lain, fungsi jantung sudah menurun.

Ketika seseonag di diagnosa mengalami kondisi kesehatan seperti ini, biasanya gejala yang nampak dan paling sering dialami adalah mengelami pusing ketika baru bangun tidur.

Baca Juga :  Jangan Abaikan Alergi Dingin, Bisa Menyebabkan Kematian

Tips Agar Bangun Tidur Tida Pusing

Setelah Anda mengetahui dan memahami apa saja penyebab ketika bangun tidur kepala pusing dan terasa mual, selanjutnya Anda perlu juga mengetahui tips agar untuk mengatasi masalah tersebut.

Seperti yang redaksi kutip dari laman alodokter, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar ketika bangun tidur kepala tidak merasa pusing.

Berikut ini beberapa tips yang dimaksud:

  • Ketika bangun tidur, lakukan secara perlahan atau jangan terburu-buru bangun.
  • Konsumsi air putih setidaknya 1 gelas menjelang tidur.
  • Jangan minum kafein/kopi sebelum tidur.
  • Perbanyak makan makanan yang bergizi.
  • Rutin untuk berolahraga.
  • Minum obat penambah darah

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa penyebab kenapa ketika bangun tidur kepala pusing dan mual ingin muntah berikut informasi mengenai tips untuk mengatasi masalah tersebut.

Apabia kondisi ini cukup menyiksa dan tidak ada perubahan, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter guna pemeriksaan lebih lengkap dan penanganan yang lebih tepat.