Haid Sebulan 2 Kali Apakah Normal, Ini Penjelasan Dokter

oleh
Haid Sebulan 2 Kali Apakah Normal, Ini Penjelasan Dokter

Bagi wanita yang sudah menginjak remaja atau dewasa, haid atau menstruasi adalah salah satu siklus bulanan yang akan dihadapi. Normalnya, wanita akan mengalami haid sebulan sekali, akan tetapi ternyata ada sebagian wanita yang mengalami haid sebulan 2 kali. Apakah ini normal? atau perlu diperiksakan kedokter?

Untuk mengetahui jawabannya, berikut ini sudah redaksi siapkan artikel yang akan membahas mengenai masalah ini, mulai dari penyebabnya dan hal-hal lain yang berkaitan dengan siklus haid yang terjadi dua kali dalam sebulan.

Jika saat ini mungkin Anda, para wanita yang tengah dalam situasi seperti ini diharapkan dengan membaca artikel ini Anda bisa lebih paham akan masalah haid yang sedang Anda alami tersebut, kemudian bisa mengeavaluasi apakah haid yang Anda alami tersebut masuk kategori normal atau tidak.

Haid Sebulan 2 Kali Apakah Normal

Menurut penjelasan dokter, normalnya wanita mengalami haid siklusnya adalah antara 21–35 hari untuk para wanita yang sudah dewasa.

Baca Juga :  Beragam Manfaat Minum Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Sedangkan untuk para wanita remaja yang masih usia belasan tahun, masa haid mereka akan  berkisar antara 38 hari atau bahkan lebih.

Namun, ternyata ada sebagian wanita yang mengalami siklus haid lebih pendek dari waktu normal tersebut atau kurang dari 21 hari dari waktu normal.

Misalnya, Anda pertama haid pada tanggal 2 Januari, maka sekitar 23-24 Januari sudah haid lagi, sehingga akan mengalami haid sebanyak 2 kali dalam sebulan karena siklusnya yang pendek.

Lantas, dari kaca mata medis kondisi haid sebulan 2 kali ini apakah normal? menurut penjelasan dokter yang dimuat dalam laman alodokter, disebutkan bahwa kondisi seperti ini masih dianggap wajar dan normal selama tidak ada gejala-gejal aneh yang menyertainya.

Karena seperti yang sudah dijelaskan, bahwa siklus haid wanita akan berbeda-beda ada yang lama dan ada yang cukup singkat.

Namun untuk lebih jelasnya, beriku akan redaksi ulas juga mengenai beberapa penyebab lain kenapa wanita bisa mengalami haid dua kali dalam sebulan yang bisa Anda simak ulasan detailnya pada lanjutan artikel dibawah ini.

Baca Juga :  Darah Haid Keluar Sedikit, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab Wanita Haid Dua Kali Sebulan

Masih mengutip informasi yang dimuat dalam laman alodokter, dijelaskan bahwa ketika wanita mengalami situasi seperti ini, hal itu bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut.

  1. Siklus haid yang pendek
  2. Wanita mengalami stres
  3. Berat badan yang meningkat atau mengalami penurunan berat badan yang drastis
  4. Mengalami pubertas
  5. Kemungkinan adanya Fibroid uterus atau miom (tumor jinak pada dinding rahim)
  6. Kelainan hormonal
  7. Sedang menggunakan alat kontrasepsi (pil KB)
  8. Gangguan tiroid
  9. Kemungkinan Endometriosis atau kelainan pada sistem reproduksi wanita
  10. Menderita sakit pada panggul.

Waspada Jika Haid 2 Kali Sebulan Jika Disertai Gejala Ini

Namun demikian, seperti yang sudha redaksi jelaskan diawal meski situasi haid sebulan 2 kali ini dianggap wajar, karena siklus haid yang pendek namun ada juga yang bisa dianggap berbahaya bagi wanita yang mengalami masalah seperti ini.

Mengalami haid dua kali dalam sebuah dianggap tidak normal atau berbahaya bagi kesehatan apabila disertai dengan beberapa gejala berikut ini.

  • Mengalami rasa nyeri saat haid perut bagian bawah dan berlangsung beberapa hari
  • Darah haid yang keluar cukup banyak dan deras
  • Mengalami kram perut yang lebih parah dibanding biasanya
  • Keluar gumpalan darah yang berwarna gelap selama menstruasi
  • Lama durasi atau masa haid yang lebih dari 7 hari
  • Siklus haid jadi tidak menentu dna tidak bisa diprediksi
Baca Juga :  6 Pantangan Ibu Menyusui yang Harus Bunda Ketahui

Apabila kondisi haid yang Anda alami disertai dengen beberapa gejala diatas, dan terjadi dua kali dalam sebulan ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter guna pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang lebih tepat.

Nantinya, dokter akan memeriksa apa yang jadi penyebabnya, kemudian akan diberikan pengobatan sesuai dengan apa yang jadi pemicu atau penyebab haid 2 kali dalam sebulan tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua, khususnya kaum hawa yang mungkin saat ini sedang berada dalam situasi seperti ini.

Redaksi harap dengan adanya penjelasan mengenai haid sebulan 2 kali apakah normal, serta penjelasan mengenai penyebab dan gejala yang harus di wasapdai yang sudah redaksi jelaskan diatas akan menambah wawasan dan pengetahua Anda seputar dunia kesehatan wanita.