Beragam Manfaat Minum Air Kelapa untuk Ibu Hamil

oleh
Beragam Manfaat Minum Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Air kelapa selain menyegarkan ternyata memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan untuk ibu yang sedang hamil. Manfaat minum air kelapa untuk ibu hamil, salah satunya adalah bisa meredakan morning sickness atau perasaan mual dan muntah yang biasa terjadi pada pagi hari.

Selain manfaat tersebut, masih ada sejumlah manfaat lain dari mimun air kelapa untuk ibu hamil yang sebaiknya diketahui.

Karena beredar mitos dikalangan masyarakat yang mengatakan jika dengan rutin minum air kelapa saat hamil bisa membuat bayi lahir bersih dan berkulit putih.

Padahal, hal itu hanyalah mitos belaka dan sejauh ini belum teruji secara medis jika minum air kelapa bisa berpengaruh pada warna kulit bayi saat lahir.

Manfaat Minum Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Didalam air kelapa banyak terkandung beragam nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh yang meminumnya.

Baca Juga :  Menu Sehat dan Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Kandungan nutrisi tersebut antara lain karbohidrat, gula, protein, natrium, kalium, magnesium, kalsium, zinc, vitamin B dan vitamin C.

Khusus untuk ibu hamil, minum air kelapa diketahui memiliki berbagai manfaat yang cukup baik. Manfaat tersebut antara lain:

Bisa Mencegah dehidrasi

Salah satu manfaat minum air kelapa untuk ibu hamil adalah berguna untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan agar tidak terjadi dehidrasi.

Pasalnya, air kelapa sendiri merupakan salah satu minuman yang diketahui kaya akan kandungan elektrolit.

Selain sangat menyegarkan untuk melepas dahaga atau haus, dengan rutin minum air kelapa saat hamil ternyata bisa juga untukĀ  mencegah agar Bumil tidak mengalami dehidrasi.

Ini bisa jadi alternatif apabila ibu hamil saat ini sering merasa mual atau bosan minum air putih, bisa dicoba dengan menggantinya dengan minum air kelapa guna memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan.

Baca Juga :  Muncul Rasa Nyeri Pada Payudara, Apakah Berbahaya?

Bisa Meredakan morning sickness

Selain bisa mencegah dehidrasi, manfaat air kelapa untuk ibu hamil lainnya yaitu dipercaya dapat meredakan morning sickness yang umumnya dialami oleh sebagian ibu hamil pada masa kehamilan trimester pertama.

Selain itu, dengan minum air kalapa ini juga bisa menggantikan cairan atau mineral yang keluar ketika Bumil mengalami muntah pada pagi hari.

Dapat Menurunkan tekanan darah

Seperti kita ketahui bersama, bahwa kondisi tekanan darah tinggi yang terjadi pada saat hamil adalah salah satu kondisi yang dapat membahayakan kesehatan.

Baik bagi ibu hamil itu sendiri maupun janin dalam kandungan karena menyebabkan preeklamsia dan berkembang menjadi eklamsia.

Nah, bagi para ibu hamil yang diketahui memiliki riwayat tekanan darah tinggi, minum air kelapa diketahui bisa mengurangi tekanan darah yang terjadi.

Baca Juga :  7 Tanda Melahirkan Yang Harus Di Perhatikan Jelang Persalinan

Kendati demikian, minum air kelapa ini bukanlah pengganti pengobatan untuk tekanan darah tinggi, hanya sebatas sebagai salah satu alternatif untuk menurunkan saja.

Jadi, Bumil yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi tetap harus mengonsumsi obat yang sesuai anjuran dokter dari rumah sakit.

Minum air kelapa untuk ibu hamil memang memiliki manfaat yang cukup baik. Namun demikian ini bukan satu-satunya hal yang bisa dilakukan agar kehamilan berjalan lancar.

Para ibu hamil tetap dianjurkan untuk mengimbanginya dengan rutin mengonsumsi aneka jenis makanan sehat, seperti beragam jenis sayur dan buah, sumber protein, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Selain itu, para Bumil juga tetap harus secara rutin mengonsumsi aneka vitamin prenatal selama masa kehamilan.

Tak lupa juga untuk secara rutin melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memonitor kehamilan agar bisa mengetahui apa saja perubahan yang terjadi.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *