Kenapa Perut Bagian Bawah Sakit Padahal Tidak Haid

Kenapa Perut Bagian Bawah Sakit Padahal Tidak Haid
Kenapa Perut Bagian Bawah Sakit Padahal Tidak Haid

Nyeri yang dialami oleh wanita pada saat haid atau menstruasi adalah hal yang kerap terjadi. Namun bagaimana jika mengalami nyeri seperti haid padahal saat itu sedang tidak waktunya menstuasi? Untuk mengetahui kenapa perut bagian bawah sakit padahal tidak haid, silahkan simak ulasan redaksi dibawah ini.

Ada cukup banyak wanita yang mengeluhkan kondisi kesehatan yang seperti ini. Karena munculnya kondisi seperti ini tentu sangat menyiksa dan menghambat aktifitas.

Bacaan Lainnya

Oleh kareana itu, untuk mengetahui apa saja yang jadi penyebab mengenai kondisi seperti ini, redaksi sudah menyiapkan artikel khusus yang akan membahas mengenai hal ini. Silahkan disimak dengan teliti apa saja penyebab yang dimaksud.

Penyebab Perut Bagian Bawah Sakit Padahal Tidak Haid

Seperti yang sudah redaksi rangkum dari berbagai sumber, diketahui ada beberapa penyebab kenapa banyak wanita yang mengeluhkan masalah seperti ini.

Baca Juga :  Mengalami Waktu Haid Menjadi Lama? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

1. Kemungkinan Adanya Kista

Kenapa perut bagian bawah sakit padahal tidak haid, salah satu penyebabnya bisa jadi karena kemungkinan adanya kista di dalam indung telur.

Kondisi seperti ini dalam dunia medis dikenal dengan istilah ovarian cysts, dimana kista ovarium atau kista di indung telur merupakan kondisi saat indung telur memiliki kantong berisi cairan yang abnormal.

Ketika wanita mengeluhkan perut sakit di salah satu sisi perut di bawah pusar seperti nyeri haid namun sedang tidak haid bisa jadi kista ovarium ini adalah penyebabnya.

Namun demikian, dibutuhkan pemeriksaan medis lanjutan untuk menentukan apakah benar penyebab masalah ini karena kista atau sebab lain.

2. Kelebihan Hormon Androgen

Selanjutnya, penyebab lain kenapa perut bagian bawah sakit padahal tidak haid adalah dikarenakan adanya kelebihan hormon Androgen.

Dimana apabila seseorang mengalami kelebihan hormon ini akan mengalami kondisi yang disebut dengan PCOS atau polycystic ovary syndome.

Baca Juga :  Mata Berkunang-kunang Saat Hamil, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ketika seseorang mengalami PCOS ini maka menghasilkan siklus anovulasi dan bercak-bercak darah yang keluar tidak teratur.

Salah satu efek sampingnya, akan muncul rasa nyeri pada bagian perut bawah.

3. Polip rahim

Apabila seseorang diketahui memiliki Polip rahim, salah satu gejala yang timbul adalah munculnya rasa nyeri dan kram pada bagian perut bawah.

Polip rahim sendiri adalah stuatu kondisi dimana terajadi perbesaran jaringan abnormal di dalam tubuh, salah satunya di dalam rahim.

Meski demikian butuh pemeriksaan lanjutan untuk memastikan apakah Polip rahim ini yang menjadi penyebab munculnya rasa sakit tersebut.

4. Endometriosis

Endometriosis adalah suatu kondisi dimana muncul jaringan yang mirip dengan lapisan rahim dan tumbuh di tempat lain di dalam perut dan daerah panggul Anda.

Ketika wanita mengalami Endometriosis ini, maka salah satu hal yang paling sering dikeluhkan adalah munculnya rasa sakit yang cukup menyiksa pada bagian bawah perut penderita.

Baca Juga :  10 Tips Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil Trimester 1

Kondisi ini apabila tidak segera mendapat penanganan akan menimbulkan masalah seperti akan menyebabkan rasa sakit jangka panjang, gangguan pada siklus menstruasi, hingga masalah kesuburan.

5. Infeksi Ginjal

Kenapa perut bagian bawah sakit padahal tidak haid, yang jadi penyebabnya adalah kemungkinan terjadinya infeksi ginjal pada penderita.

Selain munculnya rasa sakit pada bagian perut bawah, gejala lain yang muncul adalah meraskana sakit saat buang air kecil, sering ingin buang air kecil, mengalami demam tinggi disertai menggigil, serta mual dan muntah.

Apabila muncul gejala diatas maka sebaiknya segera memeriksaan diri ke dokter guna mengetahui lebih lanjut tentang kondisi kesehatan Anda serta mendapat penanganan dan pengobatan yang lebih tepat.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa penyebab kenapa perut bagian bawah sakit padahal tidak haid. Semoga informasi yang redaksi sampaikan pada artikel kali ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Pos terkait