Meredakan Asam Lambung Dengan Konsumsi Buah

oleh
Aneka Buah yang Bisa Meredakan Asam Lambung

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah asam lambung adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan tertentu. Kali ini redaksi aramedika.com akan memberikan informasi mengenai jenis buah apa saja yang bisa meredakan asam lambung.

Asam lambung adalah kondisi untuk menggambarkan rasa ketidaknyamanan atau nyeri yang terjadi pada perut bagian atas setelah makan atau minum.

Ketika asam lambung sednag kambuh biasanya akan menimbulkan sensasi rasa seperti terbakar di dada atau nyeri ulu hati, mulut terasa asam, mual, muntah, dan perut kembung.

Salah satu cara yang bisa dilakukan ketika seseorang yang menderita asam lambung yang sedang kambuh adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan tertentu.

Aneka Buah yang Bisa Meredakan Asam Lambung

Seperti yang redaksi kutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa jenis buah-buahan yang bisa digunakan untuk meredakan asam lambung.

  • Buah Apel

Jenis buah pertama yang memiliki khasiat untuk meredakan asam lambung adalah buah apel. Jenis buah ini dikenal memiliki kandungan kalsium, magnesium, dan kalium.

Baca Juga :  Menu Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol

Dimana ketiga jenis mineral tersebut dipercaya dipercaya bermanfaat untuk menetralkan asam, sehingga bisa meredakan gejala asam lambung naik.

Selain itu, pada buah apel juga terkandung serat larut bernama pektin, yakni jenis serat yang dapay membuat seseorang akan merasa cepat kenyang dan tidak makan secara berlebihan.

  • Buah Pisang

Selanjutnya ada buah pisang. Buah ini dikenal salah satu buah yang kaya akan manfaat untuk kesehetan, salah satunya yang cukup populer dalah bagus untuk pencernaan dan mengatasi masalah susah buang air besar.

Namun ternyata, buah ini juga memiliki khasiat lain yang tak kalah penting, yakni berguna untuk meredakan asam lambung yang sedang kambuh.

Adanya kandungan kalium yang cukup tinggi pada buah pisang, sangat cocok untuk dikonsumsi untuk menetralkan asam.

  • Buah Alpukat

Siapa yang tak kenal dengan khasiat dari buah ini. Manfaatnya untuk kesahatan sudah terkenal, bahkan untuk bahan alami perawatan kecantikan juga.

Baca Juga :  Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Selain itu, ternyata manfaat buah alpukat juga bisa digunakan untuk meredakan asam lambung yang sedang kambuh.

Karena didalam buah yang satu ini banyak terkandung, kalsium, kalium, dan magnesium dalam jumlah yang cukup tinggi dimana ketiga zat tersebut dapat menetralkan asam lambung.

  • Buah Pepaya

Jika sedang susah BAB (buang air besar) biasanya akan mengkonsumsi buah pepaya untuk membuat saluran pencernaan jadi lancar kembali.

Selain khasiat tersebut, buah pepaya juga memiliki khasiat yang lainnya yakni berguna untuk meredakan asam lambung yang sedang kambuh.

Buah pepaya diketahui mengandung zat bernama enzim papain, dimana enzim yang satu ini diyakini sangat efektif untuk meredakan gejala asam lambung yang sedang naik.

  • Buah Semangka

Bukan hanya rasanya yang manis segar, ternyata buah yang kaya akan air ini snagat baik di konsumsi oleh penderita asam lambung yang sedang kambuh.

Baca Juga :  Leukosit Rendah Harus Makan Apa? Ini Saran Dari Dokter

Selain itu, mengkonsumsi buah semangkan ternyata juga baik untuk memperbaiki saluran pencernaan sehingga lebih lancar.

  • Jenis Buah Lainnya

Selain beberpa jenis buah yang redaksi sebutkan diatas, ada juga beberapa jenis buah-buahan lainnya seperti buah melon, persik, dan juga buah pir.

Perlu diingat, meski jenis buah-buahan yang sudah redaksi sebutkan diatas diketahui cukup bermanfaat untuk meredakan asam lambung yang sedang naik, tapi apabila gejala tidak mau mereda atau justru bertambah parah, segera kunjungi dokter guna pemerikasaan dan penanganan yang lebih tepat.

Semoga informasi yang redaksi sajikan pada artikel ini bermanfaat untuk Anda.