Beberapa Obat Keputihan Alami yang Sebaiknya Anda Tahu

oleh
Beberapa Obat Keputihan Alami yang Sebaiknya Anda Tahu

Salah satu masalah kewanitaan yang kerap dihadapi saat datang bulan adalah keputihan. Apabila hal ini terjadi, maka tentu akan membuat wanita yang mengalaminya menjadi tak nyaman. Untuk mengatasinya, bisa menggunakan beberapa obat keputihan alami berikut ini.

Keputihan sendiri, secara umum bisa dibedakan menjadi dua jenis, yakni keputihan yang normal dan keputihan yang tidak normal.

Dimana seperti kita ketahui bersama, bahwa keputihan sendiri adalah sebuah masalah umum kewanitaan dimana ini merupakan proses alami organ intim wanita untuk menjaga arena tersebut tetap bersih dari kuman penyebab infeksi.

Selain itu, keputihan juga disebabkan oleh perubahan hormon menjelang menstruasi dan ovulasi.

Keputihan yang seperti inilah yang merupakan keputihan normal dan tidak mengganggu dan dapat menghilang dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan apapun.

Tanda Keputihan Tidak Normal

Kendati demikian, keputihan juga bisa menjadi masalah serius. Keputihan yang tidak normal ini umumnya ditandai dengan beberapa gejala  yang cukup menggangu, misalnya:

  • Keluar bau yang tidak sedap serta cukup menyengat.
  • Keluar lendir yang berwana kekuningan, kehijauan, keabu-abuan, atau bahkan masih disertai dengan darah.
  • Lendir yang keluar dari organ intim lebih banyak.
  • Organ intim terasa gatal atau perih, nyeri panggul, dan nyeri saat buang air kecil.
Baca Juga :  Nyeri Saat PMS, Coba 5 Jenis Makanan Ini Untuk Meredakannya

Jika Anda kaum hawa mengelami keputihan dengan ciri-ciri diatas, maka keputihan seperti inilah yang harus mendapat pengobatan dan harus segera diatasi.

Selain, berkonsultasi ke dokter ada baiknya untuk mencoba mengatasi keputihan tersebut adalah beberapa obat keputihan alami berikut ini.

Obat Keputihan Alami

Saat mengalami masalah keputihan yang tidak normal, maka beberapa bahan alami berikut ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

  • Minyak kelapa

Umumnya banyak orang mengenal minyak kelapa hanya untuk perawatan rambut saja. Tapi ternyata bahan alami yang satu ini juga bisa digunakan untuk mengatasi keputihan yang tidak normal.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, cukup oleskan minyak kelapa murni ke area kewanitaan. Minyak kelapa ini dipercaya dapat mengatasi infeksi jamur pada vagina yang jadi penyebab keputihan yang tidak normal.

Namun, apabila anda memiliki riwayat alergi terhadap minyak kelapa sebaiknya jangan gunkana bahan yang satu ini.

  • Jahe

Tanaman herbal yang satu ini memang sudah dikenal sejak jaman dahulu sebagai salah satu bahan alami untuk berbagai macam pengobatan penyakit.

Baca Juga :  Penyebab Menstruasi Terlambat yang Sering dialami Wanita

Berbagai mcam kandungan yang terdapat dalam jahie, misalnya antiradang, antibakteri, serta antijamur, menjadikan tanaman ini bisa juga digunakan sebagai obat keputihan alami untuk mengatasi keputihan tidak normal akibat infeksi.

  • Lidah Buaya

Selain berguna untuk kecantikan, lidah buayan juga memiliki manfaat untuk mengatasi keputihan yang tidak normal.

Dengan kandungan berupa efek antiradang, antioksidan, dan antibakteri, lidah buaya merupakan salah satu jenis obat keputihan alami yang bisa dicoba.

Selain itu, dengan menggunakan tanaman lidah buaya ini juga bisa membantu mengatasi keluhan rasa gatal-gatal yang kerap muncul di area kewanitaan.

  • Bawang putih

Lebih dikenal sebagai salah satu bumbu utama dalam masakan, nyatanya bawang putih juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi keputihan yang tidak normal.

Hal ini dikarenakan, dalam bawang putih banyak terkandung zat yang bersifat antibakteri dan antijamur, sehingga bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi keputihan.

  • Madu

Rasanya yang manis ternyata juga semanis khasiatnya. Madu dikeal sebagai bahan alami untuk mengobati berbagai macam penyakit, dan berguna untuk perawatan kecantikan.

Adanya kandungan antiradang, antijamur, dan antibakteri yang terdapat pada madu, menjadikan bahan yang satu ini dipercaya memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk mengatasi keputihan yang disebabkan oleh jamur dan bakteri.

Baca Juga :  Penyebab Umum Perdarahan Saat Hamil Trimester Pertama

Hal ini diperkuat dengan sebuah riset kesehatan yang menunjukkan bahwa penggunaan bahan madu alami yang dipadukan dengan yoghurt ternyata sangat efektif untuk membasmi jamur penyebab infeksi pada organ intim kewanitaan.

  • Yoghurt

Berikutnya ada bahan alami yakni yogurt, yang bisa digunakan sebagai obat keputihan alami. Hal ini dikarenakan, dalam yogurt banyak mengandung probiotik atau bakteri Lactobacillus acidophilus yang merupakan bakteri baik.

Bakteri baik inilah yang kemudia dipercaya dapat membunuh jamur C. albicans yang merupakan salah satu penyebab infeksi jamur pada area intim wanita sebagai salah satu faktor penyebab munculnya keputihan yang tidak normal.

Kendati demikian, tak semua jenis yoghurt bisa digunakan sebagai bahan pengobatan untuk masalah keputihan ini. Jenis yoghurt yang tepat untuk mengobati keputihan ini adalah yoghurt tawar atau plain yogurt yang tidak ditambahi gula atau perasa tambahan.

Demikian informasi mengenai beberapa obat keputihan alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi permasalahan keputihan yang tidak normal tersebut.

Meski demikian, jika keputihan yang dialami tak kunjung membaik setelah menggunakan obat-obatan alternatif tersebut, maka sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *