Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

oleh
Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Seringkali kita mendapati sayuran dengan bentuk yang khas ini di masak untuk hidangan seperti sayur lodeh, balado, bahkan juga di goreng untuk menu tambahan pada makanan tempe penyet maupun lalapan. Tapi tahukah Anda, bahwa manfaat terong ungu ini sangat baik kesehatan?

Seperti kita tahu, jenis sayuran ini sangat populer untuk masayarakat di Indonesia, selain karena harganya yang cukup murah serta rasanya yang lezat ketika di olah menjadi berbagai menu masakan, menjadikan sayuran ini sangat di minati oleh semua kalangan.

Namun, dibalik rasanya yang cukup enak ternyata terong ungu memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan yang tidak banyak di ketahui oleh semua orang.

Apa saja manfaat terong ungu untuk kesehatan ? berikut ulasannya untuk anda.

Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan

Berikut kami sajikan informasi mengenai beragam manfaat dari sayur terong ungu untuk kesehatan yang sudah redaksi rangkum dari berbagai sumber:

  • Bisa Mengobati Diabetes

Terong ungu merupakan jenis makanan atau sayuran yang direkomendasikan untuk di konsumsi penderita diabetes. Pasalnya, menurut laporan yang dilansir dari laman WebMD, terong unngu memiliki kandungan antioksidan serta vitamin A dan C yang daptt membantu melindungi sel Anda dari kerusakan.

Baca Juga :  Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Diabetes

Selain itu, terong ungu juga diketahui banyak mengandung bahan kimia tumbuhan alami tinggi yang dikenal dengan bama polifenol, dimana zat ini dipercaya dapat membantu pekerjaan sel menjadi lebih baik dalam memproses gula dalam darah.

  • Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat terong ungu untuk kesehatan selanjutnya adalah berguna untuk menjaga kesehatan organ jantung. Adanya kandungan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan antioksidan yang cukup tinggi dalam terong ungu ini dapat mendukung kesehatan jantung yang mengkonsumsinya.

Hal ini perkuat dengan laporan yang dimuat dalam Medical News Today yang menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid tertentu, termasuk anthocyanin, dapat membantu mengurangi peradangan yang meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

  • Untuk Melindungi dari Kanker

Rajin mengonsumsi terong ungu juga bermanfaat untuk melindungi tubuh kita dari seranga penyakit berbahaya seperti kanker.

Baca Juga :  Manfaat Timun Rebus yang Jarang Orang Tahu, Bisa Lawan Kanker

Kandungan Pelifenol yang terdapat dalam sayur terong diketahui bisa membantu melindungi tubuh dari penyakit kanker. Kandungan Anthocyanin dan asam klorogenik y daang ada di dalamnya juga dapat melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

Manfaat untuk kesehatan dalam jangka panjang, sering mengonsumsi terong dapat membantu mencegah pertumbuhan tumor dan penyebaran sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, adanya kandungan anthocyanin dalam terong ungu juga dapat membantu mencegah pembentukan pembuluh darah baru dalam tumor, mengurangi peradangan, dan memblokir enzim yang membantu penyebaran sel kanker agar tidak bertambah parah.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Sayuran yang identik dengan kesehatan mata adalah wortel. Tapi tahukah anda, terong ungu juga memiliki manfaat  yang sama.

Adanya kandungan Antioksidan lutein dan zeaxanthin yang banyak terdapat dalam terong memiliki peranan yang cukup penting untuk menjaga kesehatan mata dan dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia yang dapat menyebabkan hilangnya pengelihatan pada lansia.

  • Menurunkan Kolesterol Dalam Darah

Penderita kolestrol juga disarankan untuk rutin mengonsumsi terong ungu. Karena serat yang terkandung dalam terong sangat bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap normal.

Baca Juga :  Jus Buah Belimbing Wuluh Untuk Obat Penyakit Diabetes

Dalam sebuah hasil laporan penelitan yang dipublikasikan pada 2014 lalu, menunjukkan bahwa asam klorogenat, antioksidan utama dalam sayur terong, diketahui bisa menurunkan kadar kolesterol jahat serta dapat mengurangi risiko penyakit hati berlemak.

  • Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Terakhir manfaat terong ungu untuk kesehatan yang harus anda ketahui adalah terkait manfaatnya dalam mejaga berat badan agar tetap ideal.

Hal ini dikarenakan banyak kandungan serat yang terdapat dalam terong, sehinga membuah seseorang menjadi lebih cepat kenyang walau makan dalam porsi yang sedikit.

Selai itu, dalam terong ungu juga terdapat serat dan kalori yang rendah. Dimana kedua nutrisi ini memiliki peranan yang cukup penting ketika mengikuti program diet sehat rendah kalori. Jika ingin dijadikan sebagai menu diet sehat, sebaiknya Anda memilih untuk memasak terong ini dengan cara di panggang.

Demikian informasi mengenai manfaat terong ungu untuk kesehatan. Kombinasikan menu ini dengan beragam menu sehat lain, serta di barengi dengan olah raga yang teratur serta menerapkan pola hidup sehat. Maka, tubuh sehat dan jauh dari segala jenis penyakit akan rasakan.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *