Beberapa Bahan Herbal Untuk Obat Rematik Alami

oleh
Beragam Obat Rematik Alami, Murah dan Mudah didapat

Ketika seseorang diketahui menderita penyakit rematik, biasanya dokter akan meresepkan berbagai jenis obat guna mengatasi penyakit yang menyerang persendian tersebut. Namun, anda juga bisa mencoba untuk mengatasi rematik yang anda derita dengan beberapa obat rematik alami berikut ini.

Beberapa Bahan Obat Rematik Alami

Seperti kita ketahui, penyakit rematik adalah jenis penyakit sendi-sendi tulang. Dalam bahasa medis, penyakit ini dikenal dengan istilah rheumatoid arthritis dimana umumnya penyakit ini ditandai dengan kekakuan sendi tulang, terutama di terjadi di waktu pagi hari.

Gejala yang paling umum dan terasa adalah rasa nyeri yang terjadi pada pergelangan tangan, lutut, atau tangan. Peradangan ini tak hanya menimbulkan rasa nyeri yang cukup menyiksa, mamun terkadag di barengi rasa panas, dan juga terjadinya pembengkakan pada bagian yang terkena rematik.

Untuk mengatasi dan meredakan peradangan yang terjadi, beberapa bahan berikut bisa di coba untuk obat rematik alami selain mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter. Selain murah, bahan-bahan berikut juga mudah didapat.

  • Minyak ikan

Menurut Kim Larson, RD, seorang ahli gizi di Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan tuna dan mackerel diketahui dapat mencegah peradangan kronis dan mengurangi gejala yang berhubungan dengan nyeri sendi termasuk rematik.

Omega 3 yang menjadi komponen utama dalam minyak ikan, memiliki beberapa efek positif yang serupa dengan yang ada pada obat antiradang nonsteroidal atau NSAID.

Baca Juga :  Beragam Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Dalam sebuah studi kesehatan yang dilakukan tahun 2013 silam membuktikan bahwa seseorang yang mengonsumsi minyak ikan mengalami penurunan tingkat rematik yang lebih besar mereka yang tidak mengonsumsi minyak ikan.

Meski baik untuk mengatasi permasalahan nyeri sendi dan dapat di jadikan obat alami reamtik, namun perlu diketahui bahwa dalam beberapa jenis minyak ikan banyak juga terkandung kadar merkuri yang cukup tinggi.

Karenanya, untuk memastikannya adabaiknya lebih dahulu konsultasikan dengan dokter yang menangani anda terkait penggunaan obat rematik alami dari minyak ikan ini.

  • Kunir atau Kunyit

Bahan herbal yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan. Zat yang terkandung dalam tanaman kunyit yakni kurkumin, telah terbukti secara klinis mampu mengurangi pembengkakan dan nyeri pada rematik.

Hal itu ditunjang dengan sebuah studi kesehatan yang dipublikasikan di AAPS Journal yang mejelaskan bahwa produk yang terbuat dari bahan dasar kunyit, ternyata lebih efektif dalam mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada pasien rematik dibandignkan dengan menggunakan obat diklofenak atau obat antiradang kimia yang digunakan untuk meredakan nyeri sendi.

  • Jahe

tak jauh berbeda dengan kunyit, tanaman dengan aroma yang khas ini juga memiliki khasiat yang cukup banyak untuk kesehatan.

Baca Juga :  Si Kecil Sedang Batuk, Coba Redakan Dengan Bahan Herbal Ini

Tak hanya meredakan nyeri akibat peradangan sendi, kandungan zat anti perdangan seperti ibuprofen dalam tanaman jahe juga dapat mengatasi mual atau muntah karena efek samping pengobatan penyakit yang anda derita.

  • Ekstrak Green Tea

Green tea atau teh hijau memiliki  senyawa yang penting dalam melawan rematik yang bernama katekin. Hal ini diperkuat dengan studi kesehatan terbaru yang dilakukan oleh sejumlah ilmuan terhadap orang-orang yang menderita rematik.

Dimana penderita rematik mengonsumsi teh hijau selama enam bulan disertai dengan latihan yang cukup intensif berupa berjalan di atas treadmill selama 45-60 menit, tiga kali sehari. Hasilnya, mereka dapat menurunkan gejala rematik yang diderita.

Namun perlu diingat untuk selalu berkonsultasi dengan dokter jika anda ingin mencoba obat rematik alami teh hijau ini.

  • Cinamon atau Kayu Manis

Peneliti kesehatan menyebutkan jika kayu manis dapat membantu mengurangi peradangan jika digunakan dalam dosis yang tepat.

Namun, jika penggunaannya secara berlebihan justru tidak baik bagi kesehatan karena bisa mengakibatkan penggumpalan darah dan mengganggu kerja obat pengencer darah.

Jadi, selalu lakukan konsultasi jikan ingin mencoba pengobatan dengan bahan yang satu ini.

  • Bawang putih

Meski aromaya cukup menyengat, namun bahan yang dikenal sebagai bumbu masakan ini juga memilki khasiat yang cukup manjur untuk meredakan nyeri akibat rematik.

Baca Juga :  Ragam Sayuran Untuk Bantu Turunkan Kolesterol

Dalam penelitian yang diterbitkan di Food and Chemical Toxicology menemukan fakta bahwa bawang putih memiliki efek antiradang yang cukup baik karena menghambat produksi sitokin, yaitu zat yang berperan dalam peradangan.

  • Lada Hitam

Bahan obat rematik alami berikutnya yakni lada hitam. Menurut data laporan yang dirilis oleh Arthritis Foundation, menjelaskan, jika capsaicin yakni sejenis zat yang memberi rasa panas pada cabai dapat digunakan dalam gel dan krim sebagai pengobatan radang sendi.

Dalam penelitian lainnya yang dipublikasikan pada 2010 lalu, jurnal Natural Product Communications menemukan fakta banyak sifat antiradang yang ditemukan di capsaicin tersebut juga ditemukan dalam lada hitam.

Hal-hal yang Harus diperhatikan Oleh Penderita Penyakit Rematik

Meski bahan-bahan yang sudah disebutkan diatas secara medis memiliki khasiat dalam meredakan nyeri akibat peradangan yang disebabkan oleh rematik, namun penderita TIDAK BOLEH MELAKUKAN PENGOBATAN TERSEBUT TANPA PENGAWASAN DOKTER.


Penderita harus berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter mengenai kemungkinan efek samping yang bisa saja terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *