Faktor Utama Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

oleh
Faktor Utama Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

Munculnya flek hitam diwajah, sering dikaitkan dengan masalah penuaan atau pertambahan usia. Padahal, jika ditelisik lebih dalam, faktor utama penyebab munculnya flek hitam diwajah tersebut lebih sering diakibatkan oleh beberapa hal yang akan redaksi bahas pada artikel berikut ini.

Seperti kita tahu, wajah adalah salah satu aset tubuh paling berharga bagi wanita. Maka tak heran, banyak para wanita mengeluarkan uang banyak untuk membeli aneka produk perawatan kulit wajah agar tetap sehat dan terlihat cantik.

Munculnya flek hitam diwajah ini merupakan salah satu masalh yang cukup membuat stress bagi banyak kaum hawa, karena munculnya flek hitam ini bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Sehubungan dengan hal tersebut, kali ini redaksi akan mengupas tuntas mengenai apa saja yang jadi penyebab munculnya flek hitam tersebut.

Baca Juga :  Bahan Berikut Ini Berguna Untuk Menebalkan Alis Secara Alami

Diharap dengan Anda mengetahui apa yang jadi penyebabnya, Anda bisa menghindarinya agar tidak muncul flek hitam diwajah cantik Anda.

Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

Mengutip penjelasan yang dimuat pada laman website halodoc, ternyata ada empat faktor utama kenapa bisa muncul flek hitam diwajah.

Perlu diketahui, bahwa Flek hitam yang muncul diwajah ini merupakan hasil dari produksi berlebih atau menumpuknya melanin (pigmen kulit) dan/atau kerusakan akibat radikal bebas.

Empat faktor utama yang dimaksud, adalah sebagai berikut:

  • Terpapar Langsung Dengan Sinar UV

Sinar UV yang langsung menerpa kulit wajah tanpa adanya perlindungan, adalah satu faktor utama penyebab mengapa bisa muncul flek hitam di wajah.

Terlebih untuk para wanita yang sudah mulai memasuki usia paruh baya hal tersebut dapat mempercepat terjadinya hiperpigmentasi.

Baca Juga :  Cara Membuat Pembersih Wajah Alami Sendiri

Oleh karena itu, guna menghindari munculnya flek hitam ini sangat dianjurkan untuk menggunakan pelindung dan tabir surya ketika beraktifitas diluar ruangan dan terkena paparan sinar matahari langsung.

  • Kondisi Kulit Wajah/ Genetik

Penyebab utama kedua yakni karena kondisi alami dari kulit wajah itu sendiri. Artinya, ini berkaitan dengan genetika dari pemilik kulit yang memang sangat rentan sekali mengalami flek hitam diwajah.

Dalam sejumlah penelitian kesehatan kulit, disebutkan bahwa faktor genetik berperan sekitar 20-70% pada munculnya bintik hitam di wajah.

Dengan demikian, jika orang tua memiliki kelainan pada kulit wajah maka hal itu kemungkinan besar akan menurun ke anak-anaknya.

  • Efek samping obat atau kosmetik

Penyebab ketiga inilah yang paling banyak dan sering dialami oleh sebagian wanita, dimana ketika menggunakan obat-obatan tertentu atau kosmetik tertentu yang ternyata tidak cocok hal ini berimbas pada munculnya flek hitam diwajah.

Baca Juga :  Manfaat Menggunakan Krim Malam, Wanita Harus Tahu

Dalam beberapa kasus, penggunaan obat-obatan seperti pil KB, obat-obatan untuk penyakit fungsi tiroid, terapi hormon, dan obat lainnya dapat memicu munculnya flek hitam pada wajah.

Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh yang dapat dipicu oleh kandungan dalam jenis obat-obatan tersebut.

  • Kemungkinan Mengidap penyakit tertentu

Terakhir, penyebab kenapa bisa muncul flek hitam diwajah ini dikarenakan kemungkinan seseorang tersebut mengidap suatu penyakit tertentu.

Dari hasil penelitian, disebutkan bahwa jika seseornag menderita penyakit seperti diabetes, penyakit hati, penyakit addison, tumor hipofisis, ini bisa memicu munculnya flek hitam pada kulit.

Mengapa ini bisa terjadi, karena insulin yang tidak dapat bekerja pada kasus penyakit diabetes, perubahan hormon pada kasus penyakit addison, dan lainnya.

Demikian informasi mengenai beberapa faktor utama penyebab munculnya flek hitam diwajah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *