Jenis Makanan Ini Cocok Untuk Bumil Yang Asam Lambung

oleh
Jenis Makanan Ini Cocok Untuk Bumil Yang Asam Lambung

Ada cukup banyak Bumil yang asam lambung, dimana hal ini menjadi sesuatu yang sangat tidak mengenakan selama menjalani masa kehamilan.

Asam lambung atau yang dalam bahasa media disebut dengan istilah GERD sendiri emamng diketahui sangat umum dijumpai pada ibu hamil atau Bumil.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya perubahan hormon pada tubuh bumil dan juga janin yang makin berkembang dalam perut si ibu, sehingga menyebabkan tekanan di perut yang menyebabkan asam lambung.

Semakin meningkatnya hormon progesteron yang tinggi pada bumil, hal itu bisa menyebabkan otot yang berada di antara kerongkongan dan perut menjadi mengendur atau melemah, yang terkadang akan memicu munculnya rasa mulas atau sakit di bagian dada.

Aakan tetapi, asam lambung atau GERD ini bisa bisa diredakan dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu serta menerapkan pola atau gaya hidup yang sehat tepat.

Baca Juga :  Bibir Hitam, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Makanan yang Cocok Untuk Bumil yang Asam Lambung

Mengutip dari laman website halodoc, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang diketahui sangat cocok untuk di konsumsi oleh ibu hamil yang mengalami asam lambung:

  • Buah Pisang

Jenis buah yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan.

Buah ini dikenal kaya akan sumber potasium yang baik dan dipercaya mampu melawan asam lambung yang naik, terutama yang dialami oleh ibu yang sedang hamil.

Disarankan untuk mengkonsumsi buah pisang untuk sarapan atau bisa juga di gunakan sebagai makanan tambahan atau camilan sebelum makanan utama.

  • Sayuran Berdaun Hijau

Selanjutnya, jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh bumil yang sedang asam lambung adalah makanan sayuran berdaun hijau.

Jenis sayuran hijau seperti, kangkung, bayam, seledri, kaya akan beragam nutrisi, serat, dan bersifat basa, sehingga tidak menyebabkan GERD.

  • Daging Tanpa Lemak

Jenis makanan berikutnya yang cocok di konsumsi oleh bumil yang sedang asam lambung adalah makanan berupa daging tanpa lemak.

Baca Juga :  Keputihan Setiap Hari Apakah Normal? Ini Penjelasannya

Contohnya adalah daging ayam atau bisa juga daging sapi yang tanpa lemak, ini merupakan slaah satu sumber protein yang cukup baik dan dianjurkan untuk di konsumsi.

Namun pastikan bahwa jenis daging yang akan ibu konsumsi tersebut sudah dibuang kulitnya dan harus dimasak dengan tingkat kematangan yang sempurna guna menghindari patogen atau bakteri yang berbahaya bagi ibu dan si janin dalam kandungan.

  • Gandung atau Beras Merah

Kedua jenis makanan ini juga sangat disarankan untuk di konsumsi jika bumil sedang mengalami asam lambung.

Kandungan karbohidrat kompleks yang terdapat pada oatmeal gandung dan juga beras merah serta adanya kandungan serat yang cukup tinggi, bisa membuat ibu hamil merasa kenyang dan berguna untuk meredakan GERD yang sedang dialami.

Selain beberapa jenis makanan yang sudah disebutkan diatas, beberapa jenis makanan lain seperti greek yogurt, susu almond juga sangat di anjurkan untuk di konsumsi oleh bumil yang sedang mengalami GERD.

Baca Juga :  Darah Haid Keluar Sedikit, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kendati demikian, perlu diperhatikan bahwa selama mengalami asam lambung harus di atur pola makannya.

Makan dengan jumlah yang cukup banyak atau  berlebihan justru bisa memperburuk GERD, alih-alih menyembuhkannya.

Karena itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk makan enam kali dalam satu hari tapi dengan jumlah atau porsi yang kecil  dibandingkan harus makan 3 kali sehari tapi dalam jumlah yang banyak.

Selain itu, ketika selasai makan dianjurkan untuk ibu hamil tidak langsung berbaring ataupun langsung melakukan kegiatan dan aktifitas yang mengharuskan ibu hamil dalam kondisi membungkuk.

Karena, jika hal tersebut dilakukan hal tersebut dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan akan cukup menyiksa.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *