Penyebab Payudara Sakit Bila Tersentuh, Wanita Wajib Tahu

oleh
Penyebab Payudara Sakit Bila Tersentuh, Wanita Wajib Tahu

Bagi wanita yang sudah dewasa, salah satu keluhan yang kerap dialami adalah rasa sakit pada payudara ketika tertekan atau tersentuh. Hal ini tentu membuat wanita tidak nyaman, karena rasa nyeri yang muncul tersebut. Berikut ini akan redaksi berikan informasi mengenai penyebab payudara sakit bila tersentuh yang sebaiknya para wanita ketahui.

Umumnya rasa sakit yang dialami oleh wanita pada payudara mereka terjadi bersamaan dengan saat mereka menstruasi. Namun, ada juga merasakan sakit pada payudara mereka saat disentuh tidak sedang dalam masa haid mereka.

Lalu, apa sebenarnya yang jadi penyebab munculnya rasa nyeri pada bagian payudara tersebut? untuk mengetahui jawabannya silahkan simak detail penjelasannya pada lanjutan artikel dibawah ini.

Penyebab Payudara Sakit Bila Tersentuh

Sekedar informasi untuk Anda para wanita, rasa nyeri yang muncul pada area payudara ketika tersentuh dalam bahasa medis dikenal dengan istilah mastalgia.

Berikut ini beberapa penyebab kenapa wanita bisa mengalami Mastalgia.

  • Haid

Seperti yang redaksi singgung diawal artikel, biasanya ketika wanita merasakan nyeri pada payudara mereka salah satu penyebabnya adalah karena sedang dalam masa haid atau menstruasi.

Baca Juga :  Atasi Diare Saat Hamil Dengan Cara Alami Tanpa Efek Samping

Hal ini dikarenakan hormon estrogen dan progesteron dalam payudara mengalami flukttuasi atau perubahan yang mengakibatkan biasnya ukuran payudara akan membengkak, dan terkadang payudara terasa nyeri ketika tersentuh atau ditekan.

Apabila Anda mengalami nyeri tersebut tidak pada masa haid, silahkan lanjut membaca penyebab lainya pada poin pembahasan dibawah ini.

  • Tumor Jinak

Penyebab berikutnya yang perlu diwaspadai ketika merasakan nyeri pada payudara saat ditekan adalah kemungkinan adanya penyakit tumor jinak yang dalam bahasa medis dikenal dengan fibroadenoma atau fibroadenoma mammae (FAM).

Biasanya ini juga ditandai dengan munculnya benjolan pada payudara, dimana rasa sakit tersebut berasal dari benjolan tersebut ketika ditekan.

  • Kista

Pada wanita, kista tidak hanya terjadi pada rahim tapi bisa bisa terjadi pada payudara. Jika ada kemungkinan mengidap kista pada payudara, salah satu gejalanya adalah munculnya benjolan dengan bentuk lonjong yang akan terasa sakit saat disentuh.

  • Kanker Payudara

Selanjutnya penyebab payudara sakit bila tersentuh adalah kemungkinan yang lebih parah, yakni mengidap kanker payudara.

Baca Juga :  4 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil, Terbukti Efektif

Sepintas semua gejala yang timbul sama dengan gejala kista, ataupun tumor jinak seperti yang sudah redaksi bahas diatas, yakni muncul benjolan yang terasa sakit ketika disentuh.

Kendati demikian butuh pemeriksaan lanjutan oleh dokter untuk memastikan apakah itu kista, tumor jinak ataukah kanker payudara.

  • Terjadi Peradangan

Penyebab payudara sakit bila tersentuh berikutnya adalah adanya peradangan yang terjadi pada arena payudara wanita.

Dalam bahasa medis, peradangan payudara ini disebut dengan istilah Mastitis yang umumnya ini terjadi dan dialami oleh para wanita yang sedang dalam masa menyusui.

  • Ukuran Payudara

Terakhir, penyebab kenapa wanita sering merasakan nyeri pada payudara mereka saat tersentuh adalah dikarenakan bentuk dan ukuran payudara yang cenderung lebih besar.

Para wanita yang memiliki bentuk payudara yang besar sering mengeluhkan rasa nyeri dan tidak nyaman dengan ukuran payudara mereka.

Baca Juga :  Mata Berkunang-kunang Saat Hamil, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bahkan, rasa nyeri yang muncul bisa menjalar dan terasa hingga ke di leher, bahu, dan punggung sehingga cukup menyiksa.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa penyebab payudara sakit bila tersentuh yang sebaiknya diketahui sejak dini.

Terkait kemungkinan adanya kista, tumor jinak atau bahkan kanker payudara untuk memastikannya sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter guna pemeriksaan yang lebih lengkap. Jadi jangan ambil kesimpulan terlebih dahulu sebelum mendengar penjelasan dari dokter agar Anda tidak merasa khawatir.

Smeoga informasi yang redaksi sajikan pada artikel ini bermanfaat untuk Anda dan bisa menambah wawasan Anda seputar dunia kesehatan.