Ternyata Ini Manfaat Makan Natto Untuk Kesehatan

oleh
Ternyata Ini Manfaat Makan Natto Untuk Kesehatan

Natto, bagi sebagian orang mungkin jenis makanan yang satu ini terdengar asing. Hal itu memang wajar, karena makanan ini memang bukanlah makanan asli Indonesia, melainkan makanan dari negeri Sakura, Jepang. Di negara asalnya, makanan ini cukup populer, bukan hanya karena rasanya saja namun khasiat dan manfaat makan Natto yang dipercaya bagus untuk kesehatan.

Jika Anda penasaran dan ingin tahu apa manfaat dari mengkonsumsi jenis makanan yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai ini, berikut akan redaksi ulas secara detail pada lanjutan artikel dibawah ini.

Pasalnya, dalam beberapa waktu terakhir ini, banyak masyarakat tanah air yang penasaran dengan makanan Natto ini dan khasiatnya untuk kesehatan.

Apa itu Makanan Natto Khas Jepang

Sekedar informasi untuk Anda yang belum tahu, Natto sendiri adalah sebuah nama makanan khas Jepang yang terbuat dari bahan utamanya berupa kacang kedelai yang telah melalui proses fermentasi.

Baca Juga :  Makanan Sehat Untuk Darah Rendah yang Disarankan Dokter

Sekilas, makanan ini nampak kurang begitu sedap dipandang dengan warna makanan berwarna cokelat serta memiliki tekstur yang lengket. Selain itu, Natto memiliki aroma khas seperti keju, akan tetapi aromanya lebih menyengat dan lebih kuat dari aroma keju.

Biasanya masyarakat Jepang mengkonsumsi Natto bersama dengan nasi, kemudian ditambahkan dengan kecap asin dan irisan bawang lokio sebagai pelengkapnya.

Kandungan Gizi Makanan Natto

Karena di buat dengan proses fermentasi, makanan ini akan menghasilkan sebuah enzim yang bernama nattokinase yang dipercaya sangat baik untuk pencernaan dan sistem kekebalan tubuh bagi yang mengkonsumsinya.

Selan itu, Natto juga mengandung makronutrien yang memiliki peranan dan fungsi yang cukup penting bagi tubuh, seperti karbohidrat, protein, dan lemak.

Beberapa zat lain yang terkandung dalam makanan Natto ini antara lain tinggi serat serta mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin K, vitamin C, vitamin B6, folat, mangan, zat besi, magnesium, dan selenium.

Baca Juga :  Manfaat Wortel bagi Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Manfaat Makan Natto

Setelah Anda mengetahui apa itu Natto serta kandungan gizi dan zat yang terkandung dalam makanan khas Jepang ini, berikut akan redaksi berikan informsi mengenai manfaat dari makan Natto untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

  • Bagus Untuk Saluran Pencernaan

Manfaat makan Natto yang pertama yakni dipercaya memiliki khasiat yang bagus untuk pencernaan bagi yang mengkonsumsinya.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan probiotik dalam makanan ini yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat yang hidup di saluran pencernaan tubuh manusia.

  • Meningkatkan Imunitas

Selanjutnya, dengan makan Natto dipercaya dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh orang yang mengkonsumsi makanan ini.

Pasalnya, dalam makanan Natto banyak terkandung zat besi, vitamin C, dan vitamin B6, yang merupakan sejumlah nutrisi penting yang berkhasiat untuk melindungi tubuh dan menangkal radikal bebas.

  • Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat berikutnya dari mengkonsumsi Natto adalah dipercaya sangat baik untuk kesehatan jantung. Dalam sebuah penelitian kesehatan disebutkan kandungan serat, probiotik, dan vitamin K2 yang ada pada makanan Natto dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung

  • Menurunkan Obesitas
Baca Juga :  Manfaat Makan Tomat Mentah Yang Jarang Diketahui

Untuk mereka yang memiliki masalah dengan berat badan berlebih atau obesitas, sangat dianjurkan untuk menambahkan makanan Natto dalam daftar menu dietnya.

Pasalnya, Natto memiliki kandungan dua zat yang berguna untuk proses menurunkan berat badan, yakni probiotik yang dapat membakar lebih banyak kalori, dan juga serat yang akan membuat kenyang lebih lama.

  • Bagus Untuk Kesehatan Tulang

Manfaat makan Natto berikutnya yakni memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tulang bagi mereka yang mengkonsumsi makanan ini.

Adanya kandungan kalsium dan juga vitamin K2 yang terdapat pada makanan Natto diketahui dapat berfungsi untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang serta mencegah pengeroposan tulang.

Demikian informasi mengenai apa itu makanan Natto, kandungan zat didalamnya serta informasi mengenai manfaat makan Natto untuk kesehatan.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.