Manfaat Wortel bagi Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

oleh
Manfaat Wortel bagi Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Selama ini, masyarakat hanya mengetahui jika manfaat wortel adalah untuk kesehatan mata saja. Namun ternyata, manfaat wortel tak hanya sebatas untuk kesehatan mata yang rutin mengkonsumsinya, namun juga memiliki manfaat lain yang tak kalah penting untuk kesehatan.

Seperti kita tahu, wortel sendiri merupakan slaah satu jenis sayuran yang masuk ke dalam kelompok umbi-umbian. Selain dikkonsumsi dengan cara di masak dengan di sayur. wortel juga sangat nikmat dikomsumsi dengan cara di buat jus.

Mengingat manfaatnya yang begitu besar untuk kesehatan, namun banyak yang tak mengetahui khasiatnya berikut ini akan kami berikan informasi mengenai apa saja manfaat wortel untuk kesehatan yang tak banyak di ketahui oleh orang banyak.

Manfaat Wortel bagi Kesehatan

Ada beberapa manfaat atau khasiat dari wortel yang cukup baik untuk kesehatan jika secara rutin dikonsumsi. Berikut ini manfat-manfaat tersebut:

  • Untuk Kesehatan Mata

Manfaat yang satu ini sudah pasti diketahui oleh banyak orang. Banyaknya kandungan vitamin A, lutein, dan zeaxanthin serta kaya akan antioksidan menjadikan wortel alah satu rekomendasi makanan yang baik untuk kesehatan mata anak.

Baca Juga :  Ragam Manfaat Brokoli, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker

Dengan secara rutin mengkonsumsi wortel, resiko untuk terkena berbagai penyakit mata, seperti rabun senja (buta malam hari), katarak, dan degenerasi makula bisa dihindarkan.

  • Meminimalkan Risiko Kanker

Hayo ngaku, siapa yang baru tahu jika salah satu khasiat wortel ternyata bisa sebagus ini buat kesehatan? Meski bentuknya kecil namun khasiatnya untuk untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi.

Salah satunya adalah bisa mengurangi resiko terkena penyakit berbahaya seperti kanker.

Adanya kandungan antioksidan karoten, asam fenolat, vitamin A, vitamin C, antosianin, sangat efektif  melawan efek radikal bebas dan dapat menghambat dan mencegah terbentuknya sel-sel kanker dalam tubuh.

  • Menstabilkan Kadar Gula Darah

Salah satu jenis sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi pasien diabetes adalah wortel. Pasalnya, sayuran berwarna kuning ini memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan melonjaknya kadar gula darah.

Baca Juga :  Makanan Penyebab Bau Mulut yang Perlu Anda Ketahui

Hal ini menjadikan sayuran wortel sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

  • Melancarkan Pencernaan

Bukan hanya buah pisang saja yang bagus untuk melancarkan pencernaan, wortel juga memiliki khasiat yang serupa yang berguna untuk melancarkan pencernaan agar BAB lancar.

Kandungan serat dan juga air yang cukup banyak dalam wortel, diketahui mampu membuat tinja lebih padat dan lunak, sehingga BAB menjadi lancar dan tidak menyiksa.

  • Mencegah Obesitas

Manfaat wortel untuk kesehatan berikutnya yang jarang diketahui oleh orang banyak yakni mampu mencegah obesitas atau kenaikan badan yang berlebih.

Hal ini dikarenakan dalam wortel mengandung sedikit kalori, tapi padat nutrisi, seperti protein, serat, air, vitamin, mineral daan juga serat, yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama jika mengkonsumsinya.

  • Menaikan Imun
Baca Juga :  Makanan Untuk Penderita Diabetes yang Di Bolehkan

Khasian selanjutnya berkaitan dengan kekebalan tubuh manusia atau imun, dimana banyak kandungan vitamin A, vitamin C, folat, dan antioksidan pada wortel, diketahui mampu meningkatkan daya tahan tubuh yang rutin mengkonsumsinya dan menjadika tubuh lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

  • Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Terkahir, khasiat wortel untuk kesehatan yang jarang diketahui namun ternyata sangat baik untuk kesehatan yaitu mampu menurukan resiko seseorang untuk terkena penyakit jantung.

Adanya kandungan seperti kalium, antioksidan, dan serat di dalam sayuran ini, menjadikan wortel salah satu sayuran yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga tekanan darah agat tetap normal.

Dengan tekananan darah yang normal, maka resiko terkena penyakit berbahaya tersebut bisa dihindarkan.

Demikian informasi mengenai apa saja manfaat wortel untuk kesehatan yang ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *